JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

KPK Kukut Bupati Musi Banyuasin,  Amankan Rp 1,77 M

gaji
Ilustrasi penyitaan uang hasil korupsi

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), duit suap sebanyak Rp 1,77 miliar lepas dari tangan Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex untuk disita.

“Dari kegiatan ini, tim KPK selain mengamankan uang sejumlah Rp 270 juta, juga turut diamankan uang yang ada pada MRD (ajudan bupati) Rp 1,5 miliar,” kata kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, dalam konferensi pers, Sabtu (16/2021).

Setidaknya ada tiga tersangka lain, selain Dodi Reza dalam kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Baca Juga :  Mayat Wanita Hancur Terlindas Kereta Api di Dekat Stasiun Klender Jakarta. Warga Sampai Tak Tega Melihatnya

Mereka adalah HM Kepala Dinas PUPR Kabupaten Musi Banyuasin, EU Kabid SDA/PPK Dinas PUPR Kabupaten Musi Banyuasin, dan SUH dari pihak Swasta selaku Direktur PT Selaras Simpati Nusantara.

Alex mengatakan, tim KPK menerima informasi akan adanya dugaan penerimaan sejumlah uang oleh penyelenggara negara yang disiapkan oleh SUH yang nantinya akan diberikan pada DRA melalui HM dan EU.

Selanjutnya dari data transaksi perbankan diperoleh informasi adanya transfer uang yang diduga berasal dari perusahaan milik SUH kepada rekening bank milik salah satu keluarga EU.

Baca Juga :  Polri Tangkap Pelaku Penyebar Seruan Jihad Lawan Densus 88 dan Ajakan Bakar Markas Polres se-Indonesia. Berinisial AW Warga Bandung

“Setelah uang tersebut masuk, lalu dilakukan tarik tunai oleh keluarga EU dimaksud untuk kemudian diserahkan kepada EU,” kata Alex

EU kemudian menyerahkan uang tersebut kepada HM untuk diberikan kepada Dodi Reza. Tim selanjutnya bergerak dan mengamankan HM disalah satu tempat ibadah di Musi Banyuasin dan ditemukan uang sejumlah Rp 270 juta dengan dibungkus kantung plastik.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua