JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Film

Membanggakan, Film ‘Laut Memanggilku’ Sabet Penghargaan Sonje Awards di Ajang Busan International Film Festival 2021

Instagram

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Dunia perfilman Indonesia kembali menorehkan prestasi cemerlang di ajang kompetisi internasional.

Baru-baru ini film pendek berjudul Laut Memanggilku menyabet penghargaan sebagai Film Pendek Terbaik Asia (Sonje Awards) pada ajang Busan International Film Festival (BIFF) 2021 yang di helat 6-15 Oktober 2021.

Terpilihnya Laut Memanggilku diumumkan Jumat (15/10/2021) kemarin, tepat di malam penutupan BIFF.

Pemilihan itu berdasarkan pada keputusan ketiga juri Sonje Awards, di antaranya Bastian Mayraison, Royston Tan dan Danbi Yoon. Laut Memanggilku menang penghargaan ini untuk section Wide Angle.

Melalui akun Instagram resmi sang sutradara, Tumpal Tampubolon mengucapkan rasa terima kasihnya kepada orang-orang yang terlibat dalam produksi  Laut Memanggilku.

“Terima kasih juga untuk seluruh kolaborator film ini. Ini adalah kemenangan kita semua, kemenangan film Indonesia dan Asia Tenggara,” ungkap Tumpal.

Film dengan dominasi latar pantai ini berkisah tentang seorang anak lelaki bernama Sura. Ia adalah anak nelayan yang hidup sebatang kara. Suatu ketika ia menemukan sebuah boneka yang kemudian dianggapnya sebagai ibu.

Ia memperlakukan boneka itu selayaknya manusia. Namun, kebahagiaan Sura terancam ketika Argo ingin merenggut boneka itu darinya.

Dilansir dari tempo.co, film ini mengambil gambar di perkampungan nelayan, Tangerang. Untuk pemain yang terlibat, Tumpal menggandeng anak-anak dari Sanggar Anak Harapan seperti Muhammad Umar dan Dikky Takiyudin.

Selain Laut Memanggilku, Indonesia juga mengirimkan tiga film panjang lainnya yang sebelumnya telah meraih beberapa penghargaan intenasional.

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas yang meraih Golden Leopard di ajang Toronto International Film Festival, Yuni peraih Platform Prize pada ajang yang sama, serta Penyalin Cahaya.

Tak hanya itu, sebelumnya film pendek Laut Memanggilku ini telah masuk nominasi dalam Festival Film Indonesia 2021 untuk kategori Film Cerita Pendek Terbaik bersaing dengan Dear To Me, Kisah Cinta Dari Barat, Lika Liku Laki, dan Sedina. Sri Rejeki

Bagi Halaman