JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Mengenal Jenis Marka Jalan dan Fungsinya

3. Marka membujur ganda utuh dan putus-putus

Marka jalan dengan bentuk garis utuh dan putus-putus biasanya sering ditemukan di area jalan perkotaan. Bila pengendara menemukan rambu-rambu ini, maka artinya bisa dua hal.

Pertama, bila si pengendara mengemudikan kendaraannya di sisi garis putus-putus, maka kendaraan tersebut boleh berpindah jalur ke sisi sebelahnya.

Kedua, bila posisi posisi kendaraan si pengendara berada di sisi garis putih lurus utuh, maka artinya si pengendara tidak boleh berpindah jalur dan melintasi garis ganda tersebut.

Baca Juga :  Keluar Air Mata Saat Mengiris Bawang Merah? Ini Penyebanya

4. Marka membujur ganda utuh

Marka membujur ganda utuh biasanya digunakan untuk mengatur lalu lintas kendaraan di rute utama lintas kota.

Penggunaan marka membujur ganda utuh ini berfungsi sebagai tanda bahwa kendaraan dari dua lajur yang berlawanan tidak boleh saling mendahului satu sama lain.

Itu menandakan bahwa dari sisi manapun kendaraan berada, mereka tidak diizinkan untuk menyalip kendaraan yang terletak di depan mereka dan harus berada di jalur awal melintas.

Baca Juga :  Jangan Dibuang, Minyak Goreng Bekas atau Jelantah Bisa Dimanfaatkan Lagi

5. Marka melintang garis utuh

Marka melintang garis utuh memiliki fungsi untuk beberapa hal seperti sebagai tanda area penyeberangan jalan atau zebra cross dan juga sebagai penanda rambu berhenti bagi kendaraan-kendaraan yang melintas di jalanan. #tempo

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua