JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pentingnya Kehadiran Humas Lembaga Pendidikan untuk Mendapatkan Cinta Masyarakat

Anas Syahirul saat menyampaikan materi tentang kehumasan di hadapan kepala sekolah di lingkungan Muhammadiyah Solo. Foto:istimewa

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakarta mengadakan Pemberdayaan Humas Sekolah yang diikuti Kepala Sekolah dan Humas yang berjumlah 72 orang di Balai Muhammadiyah Jln Teuku Umar No 5 Surakarta, Sabtu (16/10/2021).

Kegiatan tersebut menghadirkan Anas Syahirul, wartawan senior dan juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Solo, Kepala Sekolah Penggerak Sri Sayekti serta Praktisi Humas dari SD Muhammadiyah 1 Solo Jatmiko sebagai nara sumber.

Sayekti yang juga Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Solo itu menceritakan bagaimana dirinya membangun kehumasan di sekolahnya lantaran peran yang sangat penting. “Mengapa kehumasan dibangun di SD Muhammadiyah 1 Ketelan? Karena ingin keluar dari stigma, sekolah besar dan tua akan sulit dikembangkan lagi. Itu awal,” katanya.

Baca Juga :  Gibran Siapkan Sanksi Tegas untuk ASN yang Nekat Bepergian Saat Libur Nataru

“Keluar dari zona aman dan nyaman. Stagnan, tidak ada terobosan  prestasi baru yang dilahirkan. begini saja sudah jalan, sudah dapat murid. Mindset itu yang ingin kita rubah, maka peran humas menjadi faktor penting,” katanya.

Baca Juga :  Libur Sekolah di Solo Diundur dari Desember ke Januari, Gibran Imbau Anak-anak di Rumah Saja, Jangan Pulang Kampung

Saat ini, sambung dia, upaya membangun kehumasan di sekolah di awali dari pribadi. Memperkuat spiritual, memperkuat mental, selalu belajar, bersilaturahmi dan mau berbagi. “Warga di sekolah harus menyamakan cita-cita, motivasi disertai kolaborasi dan rebranding sekolah,” jelasnya.

Sayekti membeberkan, membranding ulang sekolah diawali dengan keputusan strategis, dengan membentuk Waka Kehumasan tahun 2017. Berfungsi sebagai agen perubahan keberadaan SD Muh 1 sebagai sekolah tua harus diketahui masyarakat, memberikan manfaat.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua