JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Turun ke Level 2, Pasar Wisata Mbatok Siap Dibuka

Pasar Mbatok, Kemuning, Karanganyar / Istimewa
ย ย ย 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Turunnya status PPKM wilayah Karanganyar ke level 2 membawa angin segar bagi sektor pariwisata.

Salah satu destinasi wisata di Karanganyar, Pasar Mbatok, akan segera kembali melayani wisatawan.

Destinasi wisata yang berada di daerah Kemuning, Karanganyar ini rencananya akan dibuka kembali pada 24 Oktober 2021.

Rencana pembukaan kembali ini disampaikan oleh Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (HMP PTI UMS) serta pengelola pasar Mbatok.

“Segera kami buka! Agar pengunjung nyaman, kita bersihkan dengan kerja bakti,” jelas Kepala Desa Kemuning, Widadi Nur Widyoko, Jumat (22/10/2021).

Rencana pembukaan kembali pada 24 Oktober, lanjut dia, dilakukan setelah melalui pertimbangan yang matang dengan para pengelola.

Sementara itu, Tim PHP2D HMP PTI UMS akan bekerja sama dengan masyarakat sekitar untuk merealisasikan pembukaan kembali pasar Mbatok, setelah direncanakan sejak beberapa bulan lalu.

Destinasi wisata ini terkenal dengan sajian suasana tradisional tempo dulu, termasuk beragam menu masakan tradisional.

Salah satu keunikan yang ada di tempat wisata ini adalah penggunaan mata uang kayu sebagai alat tukar untuk berbelanja di lokasi tersebut.

Selain itu, lokasi wisata yang berada di lereng Gunung Lawu ini menhadirkan suasana hijau yang tenang dan menyegarkan.

Dosen pendamping PHP2D HMP PTI UMS Dias Aziz Pramudita, S.Pd., M.Cs. berharap berlangsungnya kembali program dampingannya dapat menarik pengunjung dengan informasi yang dapat diakses lewat web pasarmbatok.com.

“Website pasar Mbatok berisi informasi tentang sejarah pasar mbatok dan kuliner yang tersedia di pasar mbatok. Untuk website pasar mbatok sudah dapat diakses di pasarmbatok.com,” tambah Aziz.

Walaupun status PPKM sudah diturunkan ke level 2, pengelola tetap akan menerapkan protokol kesehatan sesuai standar, seperti pewajiban masker, menyediaan hand sanitizer, serta pengecekan suhu tubuh. Grahita Narasetya

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com