JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Awas, Operasi Zebra Candi di Semua Wilayah Jateng Digelar Mulai Hari Ini 15-28 November. Ini Prioritas Pelanggaran yang Ditindak dan Sanksinya!

Apel gelar pasukan operasi zebra candi di Polda Jateng. Foto/Humas Polda
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Direktorat lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng menyatakan resmi akan menggelar Operasi Zebra Candi 2021 selama dua pekan mendatang.

Kegiatan Operasi Zebra Candi 2021 dalam rangka persiapan Natal dan Tahun Baru (Nataru) itu akan dimulai 15 November sampai 28 November mendatang.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan operasi Zebra Candi 2021 mengedepankan cara bertindak edukatif, preventif, dan humanis.

Sasaran operasi zebra candi adalah mendisiplinkan penguna jalan baik dalam hal protokol kesehatan, dan berlalu lintas.

Operasi zebra candi tidak ada bersifat represif. Kegiatan yang dilakukan humanis kepada pengguna jalan agar patuh protokol kesehatan dan berlalu lintas,” ujar dia saat gelar pasukan operasi zebra candi 2021 di Mapolda Jateng, Senin (15/11/2021).

Menurutnya, operasi zebra candi dalam rangka mempersiapkan operasi Nataru. Kegiatan tersebut Ditlantas Polda Jateng berkolaborasi dengan instasi dan stakeholder terkait.

“Saya mengharapkan kepada masyarakat agar patuh protokol kesehatan menaati 5 M, dan 3 T serta menjaga agar tidak ada kerumunan,” tutur dia.

Agus menerangkan anggota dilibatkan operasi zebra candi berjumlah 294 personel Polda dan personel di 35 Polres jajaran. Pihaknya juga menggandeng seluruh stakeholder untuk terlibat dalam operasi zebra candi.

Baca Juga :  Pelaku Pencurian di Alfamart Semarang Masih Buron Polisi

Operasi zebra candi kami libatkan seluruh stakeholder terkait,” ujarnya.

Menurut Agus, hasil evaluasi antara tahun 2020 dan 2021 angka pelanggaran lalu lintas menurun. Sementara angka kecelakaan lalu lintas terjadi peningkatan 30 persen.

“Inilah yang harus kami kaji berkaitan dengan evaluasi traffic accident,” ujarnya.

Terkait persiapan Nataru, Kombes Agus mengatakan saat ini sedang menunggu instruksi dari pusat apakah tidak ada penyekatan, selektif prioritas, dan pembatasan.

Pihaknya saat ini sedang mengevaluasi skenario cara bertindak yang akan dilakukan untuk menjalankan instruksi.

“Kami sudah persiapkan skenarionya sembari menunggu instruksi dari pusat baik Menteri Perhubungan maupun Korlantas. Operasi zebra inilah untuk mempersiapkan cara bertindak,” ujarnya.

Agus mengatakan hasil evaluasi jalan tol Jawa Tengah dengan seluruh stakeholder baik pengatur maupun pengelola menyatakan siap dan aman dilewati untuk masyarakat. Tidak hanya itu, pihaknya telah menyiapkan jalur non tol.

“Kami sudah siapkan jalan non tol baik jalan Kabupaten, dan jalur tengah, selatan maupun pantura,” tutur dia.

Baca Juga :  Supra 125 Digasak Megapro Patah Jadi 2, Pengendara Tewas di Lokasi

Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abioso Seno Aji menambahkan operasi zebra candi 2021 dilaksanakan dari Senin (15/11/2021 hingga Minggu (28/11/2021). Kegiatan tersebut seluruh Kepolisian di Jawa Tengah.

Operasi zebra candi merupakan kegiatan tahunan. Namun yang membedakan operasi tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah jika sebelumnya ada penegakan hukum namun untuk tahun cara bertindaknya edukatif dan persuasif,” terangnya.

Brigjen Abi menegaskan bahwa petugas yang terlibat operasi mendapati adanya pelanggaran hanya memberikan pemahaman, himbauan, dan mengingatkan kepada pengendara agar tidak mengulangi lagi kesalahannya.

Operasi zebra candi memiliki maksud dan tujuan mengurangi jumlah pelanggaran yang berakibat terjadinya peristiwa laka lantas,” tutur dia.

Ia mengingatkan kepada masyarakat bahwa budaya Jawa Tengah dicerminkan dengan budaya berlalu lintas atau etika berkendara saat menggunakan sarana jalan.

Pihaknya menghimbau masyarakat jateng jika ingin menjunjung budaya Jawa Tengah dapat diwujudkan dalam etika berlalu lintas.

“Jika masyarakat menjunjung tinggi etika berlalu lintas maka pelanggaran menurun dan tingkat kecelakaan lalu lintas menurun,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com