JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Berapa Jam Pelajaran Maksimal Saat Penerapan PTM Full Alias 100 Persen di Wonogiri?

PTM terbatas
Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto dan Dandim 0728 Letkol Inf Rivan Rembudito Rifai memantau pelaksanaan PTM terbatas. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Rencananya pekan depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) full alias 100 persen. Apakah berarti jam masuk dan pulang akan sama seperti saat normal?

Selanjutnya berapa jam pelajaran maksimal selama PPKM 100 berlangsung?

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menuturkan, saat PTM digelar 100 persen, jam belajar mengajar di sekolah akan dibatasi. Misalnya pada kondisi normal siswa sekolah masuk pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB. Nantinya saat PTM bakal lebih singkat.

Pihaknya mendorong SD/SMP sederajat di Wonogiri untuk melakukan PTM 100 persen. Menurut Bupati, kebijakan PTM sangat dinamis, kasuistik situasional. Rencana PTM 100 persen didasarkan syarat objektif untuk menggelar hal tersebut sudah terpenuhi.

Baca Juga :  Jumlah Rumah Tidak Layak Huni atau RTLH di Wonogiri Tembus 14 Ribu Unit, Bagaimana Cara Menanganinya?

“Untuk aspek teknisnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah diminta membikin simulasi. Opsi A, B dan C. Itu yang akan kami jadikan instrumen dalam menggelar PTM 100 persen,” kata pria yang akrab disapa Jekek itu, Jumat (19/11/2021).

Bupati menuturkan, tidak semua sekolah memiliki jumlah siswa yang ideal. Ada SD yang dalam satu rombongan belajar (rombel) hanya terdiri 10 siswa. Fakta riil di lapangan seperti itu. Sehingga batas minimal rombel dengan 20 siswa tak terpenuhi.

“Sistem ini nanti akan kita evaluasi. Kuncinya evaluasi. Penyelenggaraannya tetep bareng. Kalau satu rombel 10 orang yang hadir saat PTM 100 persen hanya 10 orang,” papar Jekek.

Baca Juga :  Longsor di Dusun Sabuk Desa Gunungsari Kecamatan Jatisrono Wonogiri, Aliran Irigasi 10 Hektare Tertimbun Material Tanah

“Hal-hal seperti ini yang harus dipotret sebagai inventarisasi potensi kenapa kami berani berencana menggelar PTM 100 persen, batas minimal rombelnya tidak terpenuhi” imbuh dia.

Sementara itu, di sejumlah daerah lain termasuk Wonogiri sedang mempersiapkan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Anak seusia itu biasanya duduk di kelas I-V SD. Bupati mengatakan, daerah belum mendapatkan instruksi khusus tentang apa yang harus dilakukan untuk anak usia dibawah 12 tahun.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua