JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

BPBD Boyolali Gelar Simulasi Penanganan Longsor

Petugas BPBD Boyolali saat memberikan materi dalam simulasi penanganan longsor / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – BPBD dan jajaran terkait menggelar Time Table Tactical Floor Game (TFG) atau latihan dalam ruangan dengan menggunakan maket. Latihan digelar di aula BPBD, Selasa (9/11/2021).

Pelatihan melibatkan berbagai jajaran seperti BPBD, TNI, Polri, PMI, Dinas terkait seperti Dishub, Dinkes, Dinsos, DPU PRTim Sar, Camat hingga Kades serta stakeholder terkait seperti PLN dan Pertamina.

Baca Juga :  UMK 35 Kabupaten/Kota di Jateng Resmi Diumumkan. Kota Semarang Tertinggi, Sragen Terendah Ketiga Se-Jateng, Berikut Daftar Lengkapnya

Disimulasikan terjadi bencana tanah longsor di Kecamatan Kemusu. Petugas pun langsung menuju TKP. Namun demikian, sesuai simulasi ada tugas yang harus diemban masing- masing jajaran.

Tugas sesuai tupoksi masing- masing.
Sesuai simulasi, begitu ada longsor, maka petugas daerah setempat langsung mengontak Kepala BPBD. Gerak cepat dilakukan  karena musibah tanah longsor tersebut dimungkinkan menimbulkan korban jiwa.

Baca Juga :  Satu Pendaki Asal Ukraina Dikabarkan Hilang di Gunung Merbabu

TRC BPBD langsung mendatangi lokasi untuk memasang garis polisi.

Tujuannya, agar tidak ada yang melintasi daerah longsor tersebut. Tim BPBD juga langsung melakukan kajian cepat dan melaporkannya ke bupati untuk penaikan status tanggap darurat.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua