JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Diinisiasi Pihak Sekolah, 184 Siswa SMKN 1 Mojosongo Jalani Swab Antigen

   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Meski seluruh warga sekolah telah divaksin, namun kewaspadaan pada ancaman Covid-19 tetap dilakukan.

Untuk itulah, SMKN 1 Mojosongo bekerjasama dengan Puskesmas setempat  melakukan rapid test pada siswa, guru dan karyawan.

“Swab antigen ini digelar secara acak selama empat hari, Senin (15/11/2021) hingga Kamis (18/11/2021). Selama dua hari pelaksanaan, hasil rapid test semua negatif,” ujar Kepala SMKN 1 Mojosongo, Kamaruddin, Rabu (17/11/2021).

Dijelaskan, ada 50 orang yang menjalani swab antigen per harinya. Terdiri dari 46 siswa, 1 karyawan dan tiga guru. Peserta diambil secara sampling dengan jumlah 10 persen dari jumlah warga sekolah.
“Ini sebagai langkah evaluasi sekolah pada pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.”

Baca Juga :  Menara Komunikasi di Puncak Gunung Merbabu Roboh Diterjang Badai Besar

Pihaknya bakal menggelar swab antigen secara berkala tiap bulannya. Dia ingin mengetahui kondisi siswa dan guru selama PTM terbatas digelar. Selain itu, hasil swab antigen juga menjadi bank data sekolah.

“Jika hasilnya negatif semua maka sekolah akan mengajukan penambahan jam belajar dan siswa ke Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan V Jawa Tengah (Jateng).”

Pasalnya, saat ini baru 50 persen dari total 1.842 siswa yang masuk. Sedangkan SMKN 1 Mojosongo memiliki 9 kompetensi keahlian dengan kelas praktikum.

Baca Juga :  Boyolali Waspada! Dua Pasien DBD Kembali Meninggal Dunia, Total Sudah 7 Pasien

Sehingga masih ada siswa yang mengikuti secara daring.

Sementara itu, Kepala Dinkes Boyolali, Puji Astuti menambahkan,  jenjang SMA/SMK berada di bawah Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Sehingga pihaknya juga berkoordinasi dengan Sekda Boyolali serta Dinkes Provinsi Jateng.

“Kami menyambut positif inisiatif dari SMKN 1 Mojosongo ini.”

Ditambahkan, Dinkes Boyolali akan memfasilitasi SMA/SMK yang mengajukan diri untuk swab antigen.

“Sejauh ini, baru SMKN 1 Mojosongo yang mengajukan swab antigen. Kami juga akan melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) PTM pada siswa SMP yang berada di bawah Disdikbud Boyolali.” Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com