JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Garuda Pangkas Jumlah Rute, Dari 237 Menjadi Hanya 140 Rute

Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Foto: Instagram/garudaindonesia

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebagai upaya efisiensi demi kesehatan perusahaan, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk berencana memangkas jumlah rute yang diterbangi, dari 237 rute menjadi hanya 140 rute.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021).

Dijelaskan Irfan, pihak Manajemen telah memetakan rute-rute yang tidak potensial dan merugikan perusahaan, seperti tujuan Tarakan.

Baca Juga :  Siaga Natal-Tahun Baru, Inilah 6 Amunisi Jokowi untuk Kendalikan Pandemi

“Selama ini kami terdesak (membuka rute) yang enggak bikin untung. Ada banyak tekanan pembukaan rute. Jadi mohon dukungan apabila kami bilang enggak (akan membuka rute). Mohon maaf, banyak maaf,” ujarnya.

Irfan menjelaskan, perusahaan menanggung kerugian akibat beroperasinya sejumlah maskapai di rute-rute yang tidak mendorong pendapatan.

Pendapatan yang diperoleh maskapai dari rute-rute tertentu ini tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan.

Baca Juga :  Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap Sudah Capai 93 Juta Warga

Selain itu, maskapai harus menjalankan pesawat yang jenisnya tidak sesuai dengan karakteristik perusahaan sehingga semakin membebani ongkos produksi. Dua jenis pesawat yang dimaksud adalah Bombardier CRJ dan ATR.

Tak hanya dalam negeri, perusahaan telah mengurangi secara masif penerbangan untuk rute internasional. Pada awal 2020, perusahaan memangkas rute penerbangan ke Amsterdam, London, dan Nagoya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua