JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Innalillahi, 35 Ibu Hamil di Sragen Meninggal Saat Melahirkan. Kasusnya Meroket 350 %, 25 Kematian Dipicu Positif Covid-19

Kenangan almarhumah Rini semasa hidupnya (kiri) dan bayi mungilnya yang dilahirkan dengan selamat meski sang ibu harus mengembuskan nafas terakhirnya Rabu (21/7/2021) malam. Foto kolase/ Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 35 ibu di Sragen dilaporkan meninggal dunia saat menjalani persalinan atau melahirkan.

Dari jumlah itu, 25 orang diantaranya meninggal dengan diagnosa positif terkonfirmasi Covid-19.

Fakta itu terungkap dari hasil evaluasi kasus angka kematian ibu (AKI) di Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen selama kurun tahun 2021.

Kepala DKK Sragen, Hargiyanto mengungkapkan berdasarkan data yang tercatat di dinasnya, dari Januari sampai akhir November 2021, kasus angka kematian ibu melahirkan sudah mencapai 35 kasus.

Baca Juga :  Duh Gusti, Sekeluarga yang Positif Terpapar Covid-19 di Sragen Ternyata Ngaku Pilih Mati Timbang Divaksin!

“Untuk tahun ini sampai hari ini, jumlah kematian ibu melahirkan sudah 35 kasus. Dari jumlah itu yang Covid-19 ada 25 kasus dan sisanya yang non Covid-19 ada 10 kasus,” paparnya kepada wartawan ditemui di DKK, Senin (29/11/2021).

Baca Juga :  Para Juara Dunia dan Legenda Bulutangkis Indonesia Kumpul di Sragen. Bertanding di Turnamen Premier Super Series Berhadiah Rp 500 Juta

Menurutnya, dari angka kematian itu, faktor Covid-19 memang sangat dominan berpengaruh pada kasus kematian ibu melahirkan.

Sebab angka kematian dengan kondisi Covid-19 hampir 65 persen atau dua pertiga dari total kasus.

Angka kasus tahun ini juga meroket hampir 350 persen atau tiga kali lebih banyak dari tahun lalu.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua