JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Janji Jenderal Andika Soal Penyelesaian Konflik Papua Dinilai Hanya Lip Service

Wakil Ketua I Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Jenderal Andika Perkasa dan Wakil Ketua II KPCPEN Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono dalam konferensi pers penyerahan hasil uji klinis fase 3 kombinasi obat baru untuk pasien Covid-19 yang dirawat tanpa ventilator dari Universitas Airlangga kepada pemerintah di Mabes TNI AD, Jakarta (15/8/ 2020) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Konflik di Papua yang terus berkepanjangan, menjadi PR bagi Panglima TNI yang baru, Jenderal Andika Perkasa.

Para aktivis berharap Jenderal Andika Perkasa betul-betul memenuhi janjinya untuk menyelesaikan konflik Papua secara humanis.

Sebagaimana diketahui, janji tersebut disampaikan Andika dalam fit and proper test sebagai calon Panglima TNI pada Sabtu (6/11/2021).

Peneliti Imparsial, Hussein Ahmad menyebut, janji yang dilontarkan tersebut bagus adanya, namun harus benar-benar dibuktikan.

Baca Juga :  Kisah AKBP Darmawan Kepalanya Sampai Bocor Jadi Korban Pengeroyokan Saat Demo Ormas Pemuda Pancasila. Begini Kronologinya

“Misalnya melakukan mende-eskalasi konflik dengan menghentikan pengiriman pasukan non-organik ke Papua,” ujar Hussein saat dihubungi Tempo pada Minggu (7/11/2021).

Ia mengingatkan, Panglima TNI harus paham bahwa Papua tidak sedang ditetapkan sebagai daerah operasi militer (DOM) seperti di masa lalu.

“Artinya rezim yang berlaku adalah penegakan hukum bukan perang. Dan oleh karena itu, pendekatan perang semestinya dihindari,” tuturnya.

Baca Juga :  Dengar Baik-Baik, Korlap Demo Ormas Pemuda Pancasila Sedang Dibidik Polisi. Kalau Tidak Hadir, Bakal Dijemput!

Hal terpenting, kata Hussein, pengiriman pasukan itu ilegal dan tidak memiliki dasar hukum sebagaimana disebutkan Pasal 7 ayat (3) UU TNI, yakni baik operasi perang maupun operasi selain perang harus berdasarkan keputusan politik negara.

“Selama ini keputusan itu tidak ada,” ujar dia.

 

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua