JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Kredit Lapak Khusus Ibu-ibu Dicetuskan Ganjar, Bunga Setahun Hanya 2 Persen

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meluncurkan Kredit Lapak saat perhelatan Borobudur Marathon 2021 di Pasar Salaman Magelang/ Foto: Pemprov Jateng

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Berbagai cara diupayakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membangkitkan kembali roda ekonomi pascapandemi. Kali ini , Gubernur Ganjar Pranowo meluncurkan sistem Kredit Lapak.

Ganjar menggaet Bank Jateng untuk mewujudkan kredit murah bagi ibu-ibu pedagang pasar dan pelaku industri kecil rumahan. Menariknya, program ini memberlakukan bunga yang sangat ringan, yakni dua persen setahun.

Kredit Lapak diluncurkan langsung oleh Ganjar bersamaan dengan perhelatan Borobudur Marathon 2021. Secara simbolis, ia menyerahkan sistem tersebut kepada ibu-ibu pedagang Pasar Salaman Magelang, Sabtu (27/11/2021)

“Hari ini kita launching Kredit Lapak, kredit untuk ibu-ibu pedagang pasar tradisional dan ibu-ibu kreatif di rumah. Plafonnya maksimal Rp2 juta dengan bunga dua persen per tahun,” ujar Ganjar dilansir dari laman jatengprov.go.id, Minggu (28/11/2021)

Ganjar menemukan banyak kelompok perempuan kreatif dan memiliki sejumlah sektor usaha kecil. Hal inilah yang menjadi latar belakang pencetusan Kredit Lapak. Program ini bertujuan untuk membantu pemulihan ekonomi khususnya bagi ibu-ibu.

“Kelompok perempuan ini biasanya gemi, titi, dan manajemen keuangannya bagus. Sehingga disiplin mereka juga bagus,” imbuhnya

Hadirnya Kredit Lapak diharapkan mampu mendorong usaha kelompok perempuan di Jateng. Banyak dari kalangan mereka yang membutuhkan modal kecil untuk menjalankan usahanya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua