JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Lowongan Kerja Wonogiri, Pelamar Rekrutmen Perangkat Desa Membludak, Formasi 292 Diserbu 2.632 Pendaftar

Bupati Wonogiri
Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Lowongan kerja perangkat desa di Wonogiri ternyata dibanjiri pelamar. Terbukti dari cukup jauhnya perbandingan antara formasi dan jumlah pelamar.

Informasi yang diperoleh, tahapan pendaftaran rekrutmen perangkat desa Wonogiri tahun 2021 telah ditutup pada Rabu (3/11/2021) lalu. Dari akumulasi pendaftar mencapai 2.632 pelamar. Sementara formasi berjumlah 292 buah di 176 desa penyelanggara rekrutmen yang ada di Wonogiri.

Jika dihitung, formasi dibandingkan jumlah pelamar mencapai 1 : 10

Jumlah pelamar ternyata cukup banyak. Ini menandakan tidak sedikit warga Wonogiri yang berminat mengabdikan diri sebagai perangkat desa.

Memangnya berapa sih penghasilan perangkat desa di Wonogiri? Sampai-sampai menjadi magnet warga untuk ramai-ramai mengisi lowongan kekosongan perangkat desa.

Data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Wonogiri, , penghasilan tetap (Siltap) kadus, kasi maupun kaur besarannya sama, yakni mencapai Rp 2.050.000. Sementara Sekdes akan mendapat gaji Rp 2.750.000.

Baca Juga :  Siap Digembleng 6 Bulan, Ratusan Guru Wonogiri Ikuti Progam Guru Penggerak Angkatan 10

Jumlah itu belum termasuk tunjangan diluar gaji. Tunjangan akan berbeda jumlahnya di setiap desa, sesuai dengan PAD.

“Antusiasme (pendaftar) luar biasa. Bagi kami membanggakan karena antusias publik untuk mengabdi ke desa ternyata luar biasa. Itu saja bagi kami,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Jumat (5/11/2021).

Dari angka akumulasi jumlah pendaftar itu, menurutnya ada semangat pengabdian kepada desa dengan potensi desa yang ada. Hal tersebut nantinya akan bermuara perubahan pada optimalisasi potensi yang ada di desa-desa Kabupaten Wonogiri.

Selain itu, dia menjelaskan dengan adanya Undang-Undang Desa ada otonomi desa mengelola anggaran. Atas dasar itu, harus dikelola dengan inovasi-inovasi. Bicara inovasi dibutuhkan kapabilitas, dibutuhkan ruang-ruang partisipasi yang terbuka. Salah satu partisipasi terbuka adalah perekrutan pengisian perangkat desa dengan sistem online.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

“Semua bisa terlibat, hasilnya bisa langsung dilihat. Itulah upaya untuk mendedikasikan profesionalitas di Kabupaten Wonogiri,” beber Bupati.

Bupati menuturkan, tahapan seleksi yang dilakukan dengan sistem online adalah upaya untuk membentuk akuntabilitas publik. Dengan sistem online, kata dia, akan menjawab keragu-raguan publik pada proses pengisian perangkat desa di Kabupaten Wonogiri.

Pria yang akrab dengan sapaan Jekek itu mengaku, pihaknya sudah menggandeng pihak ketiga dalam membangun sistem tersebut. Pihaknya juga mempersiapkan fungsi kontrol dan pengendalian secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com