JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Luweng Gandu Desa Joho Pracimantoro Wonogiri Berada Lebih Tinggi Daripada Tanah Sekitarnya, Begini Cara Mengalirkan Air Agar Tidak Jadi Banjir

Luweng
Saluran menuju mulut luweng di Dusun Gandu, Desa Joho, Pracimantoro Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Keberadaan luweng sebagai saluran gua vertikal di dalam tanah sangat vital di kawasan karst Wonogiri. Pasalnya menjadi semacam drainase alami untuk mengalirkan kelebihan air hujan.

Nah, beberapa kali terjadi luweng tidak menerima limpahan air hujan. Ini terjadi entah karena tersumbat atau lubang di dalamnya runtuh akibat pelapukan atau dampak gempa bumi, maupun sebab lain. Yang jelas ketika hal itu terjadi, kerap genangan banjir terjadi hingga sampai ke pemukiman sekitarnya.

Relawan bersama warga dan pemerintah khususnya di Kecamatan Pracimantoro hingga kini aktif mencari dan menemukan mulut luweng. Selanjutnya lubangnya diperlebar agar bisa menjadi saluran limpahan air banjir.

Baca Juga :  Botok Telur Ikan ala Wonogiri, Sehat Nikmat Disantap Bareng Nasi Hangat Sambal dan Lalapan, Dijamin Nambah Terus

Namun apa jadinya jika mulut luweng itu berada di dataran yang lebih tinggi daripada tanah sekitarnya. Bagaimana cara mengalirkan air menuju mulut luweng.

Mulut luweng dengan model seperti itu ternyata ada di Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Lokasinya terletak lebih tinggi dibandingkan tanah sekitarnya.

Namun tak kehabisan akal. Tetap saja ada solusi atas permasalahan tersebut. Relawan di Pracimantoro berupaya membuat saluran air menuju ke luweng yang berada di Dusun Gandu, Desa Joho dengan menggali tanah di sekitar mulut luweng.

Baca Juga :  PTM 100 Persen di Wonogiri Belum Jadi Dilaksanakan, Apakah Menunggu Natal Tahun Baru?

Saluran dikerjakan hampir 3 pekan. Hingga akhirnya pada Selasa (2/11/2021) lalu galian tanah tersebut menembus ke dalam luweng.

Salah satu relawan, Saryono mengatakan pihaknya memperluas lubang yang menuju ke dalam luweng secara manual. Hal itu untuk menjaga rongga di dalam luweng.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua