JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Mahasiswa UNS Berdayakan Perajin Anyaman di Dusun Pule, Tirtomoyo, Wonogiri

Tim mahasiswa UNS tengah memberikan pendampingan kepada perajin anyaman di Dusun Pule, Tirtomoyo, Wonogiri / Istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam kelompok 92 menggelar kegiatan Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam program pemberdayaan masyarakat.

Program yang berlangsung dari September hingga November 2021 tersebut mengambil sasaran kelompok anyaman Mekarsari di Dusun Pule, Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.

Diketuai oleh Titi Yuliatun, mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS, kegiatan itu  memfokuskan pada penyelesaian masalah yang dihadapi oleh masyarakat Dusun Pule.

Baca Juga :  Pemprov DIY Akhirnya Batal Hentikan Pembelajaran Tatap Muka, Ini Sebabnya

Titi menjelaskan, bahwa program tersebut diharapkan dapat membantu keadaan kelompok anyaman di Dusun Pule.

“Kegiatan ini difokuskan untuk membantu menyelesaikan kendala yang dialami masyarakat, yakni persoalan jangkauan pemasaran produk anyaman yang belum besar dan harga produk yang terbilang murah,” jelas Titi.

Akhmad Mukhibun, tim pelaksana Hibah MBKM 92 menambahkan bahwa kelompok anyaman dusun Pule masih memiliki kendala di pengorganisasian kelompok.  Misalnya, struktur yang belum jelas dan tugas pokok pengurus yang belum berjalan.

Baca Juga :  Truk Nyungsep Menimpa Kandang Sapi di Patuk, Gunungkidul dalam Posisi Terbalik

“Permasalahan yang juga dialami oleh kelompok anyaman ini yakni struktur organisasi yang belum baik. Dampaknya, pada tugas pengurus yang tidak berjalan optimal, yang gilirannya menyebabkan produktivitas kelompok tidak optimal dan sistem kerja tidak terukur,” papar Akhmad, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua