JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga: Ekonomi Digital Jadi Kekuatan Baru Perekonomian Nasional

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dua tahun ini, ekonomi digital telah tampil sebagai kekuatan baru perekonomian nasional.

Situasi pandemi,secara langsung atau tidak telah mendorong akselerasi adopsi teknologi digital tersebut pada berbagai lini aktivitas masyarakat.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara AMSI IDC bertajuk Lompatan Digital: Inovasi dan Akselerasi, yang dilakukan secara virtual, Kamis (24/11/2021).

Baca Juga :  Angka Reproduksi Covid-19 di Jawa-Bali Naik, Menko Luhut Minta untuk Waspada

Menko Airlangga memaparkan, pada tahun 2020 lalu, nilai ekonomi digital Indonesia menjadi yang tertinggi di ASEAN dengan nilai sebesar USD 47 miliar, dan tahun ini diprediksi dapat mencapai USD 70 miliar dengan tingkat pertumbuhan 49%.

“Karena itulah, sebenarnya peluang ekonomi digital Indonesia masih terbuka lebar. Hal itu didukung oleh total penduduk terbesar ke-4 di dunia, yang sebagian besar berada dalam usia produktif,” ujarnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Tingkat penetrasi internet juga mencapai 76,8% dengan pengguna internet pada tahun ini tercatat sebanyak 202,6 juta orang atau mengalami peningkatan sebesar 11% dari tahun 2020 lalu.

Baca Juga :  Viral Perempuan Pamer Kemaluan di Bandara YIA, Ternyata S Sudah Berkali-kali Lakukan Hal Serupa

Dijelaskan, gelombang teknologi baru seperti jaringan 5G, IoT, Blockchain, Artificial Intilligence, dan Cloud Computing juga ikut menjadi enabler perkembangan ekosistem digital.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua