JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

PG Paud Unisri Gelar Workshop dengan Media Loose Part

Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak 94 orang guru PAUD  yang bergabung dalam Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) mengikuti kegiatan workshop Pendekatan STEAM dengan Media Loose Part.

Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerja sama antara FKIP PG-PAUD Unisri dengan Himpaudi  Kota Surakarta, khususnya Himpaudi wilayah Kecamatan Banjarsari.

Workshop mengambil tempat di auditorium Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, dan berlangsung pada Jumat (26/11/2021) dan Sabtu (27/11/2021).

Menurut ketua pelaksana, Sari Pitria seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews, workshop tersebut menghadirkan dua narasumber berkompeten di bidangnya, yakni  dari Himpaudi Provinsi Jawa tengah, Ellysa Aditya Surya dan Syukur Rachmawati.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Dalam kegiatan itu, peserta diajak untuk mengubah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan kegiatan bermain bermuatan STEAM dengan material Loose Part.

Metode tersebut memuat unsur 7 komponen dasar, antara lain melatih anak untuk dapat bermain sesuai dengan keinginanya dan menerapkan kegiatan merdeka bermain, guru dapat mengunakan kegiatan bermain ini dengan mengubah pola pikir guru sehingga pembelajaran tidak harus mengunakan lembar kerja.

Selain itu juga membuat invitasi, praktik merancang kegiatan bermain, mengenal peta konsep dalam kegiatan bermain dengan muatan STEAM dengan media loose part, menentukan topik yang menarik, serta evaluasinya.

Acara dibuka oleh Dekan FKIP Unisri, Dra Sri Hartini, M.Pd. Dalam sambutannya, dia  menyampaikan pentingnya pendidikan PAUD sebagai fondasi bangsa.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Dia mengambaran tentang pendidikan karakter anak di negara jepang melalui video, dengan harapan kegiatan tersebut dapat memberikan wawasan tentang pengembangan pembelajaran di lembaga PAUD yang sesuai dengan esensi bermain sambil belajar.

“Sehingga ke depan kegiatan serupa dapat diselenggarakan kembali,” ujarnya.

Dijelaskan, usai workshop tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Unisri dengan Himpaudi Kota Surakarta.

“Kami berharap FKIP khususnya PG-PAUD mampu memajukan dan mengembangkan pendidikan anak usia dini serta bersinergi bersama dengan mengangandeng antara Mahasiswa, Alumni dan Dosen. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com