JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Prodi D3 Kebidanan SV UNS Gelar Gemma Vaksinasi di Sukoharjo

Penerjunan Semar Vaksinasi dalam kegiatan Gemar Vaksinasi oleh Tim Hibah MBKM Prodi D3 Kebidanan SV UNS di Kabupaten Sukoharjo / Istimewa
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Progam Studi Diploma 3 Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar gerakan mahasiswa mengabdi untuk vaksinasi (Gemma Vaksinasi) di Kabupaten Sukoharjo.

Diketuai Ismi Nurul Syahida, kegiatan tersebut berlangsung mulai bulan Agustus hingga November  2021.

Kegiatan tersebut sebagai bagian dari tim Hibah Mereka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan aplikasi dari program MBKM oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).

Ismi Nurul, melalui rilis yang dikirim Rosantika Utami ke Joglosemarnews menyebutkan, kegiatan itu bertujuan memacu kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan yang ada kaitannya dengan delapan skema MBKM.

Adapun skema tersebut meliputi magang, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, kewirausahaan, studi independen, asistensi mengajar, kegiatan kemanusiaan dan penelitian.

Di samping delapan skema tersebut, UNS menambahkan satu skema khusus, yaitu bela negara.

Dijelaskan, kegiatan Gemma Vaksinasi berupa praktik kerja yang dilakukan dalam rangka membantu program vaksinasi dengan membentuk Satuan Mahasiswa Membantu Realisasikan Vaksinasi (Semar Vaksinasi).

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Semar Vaksinasi merupakan mahasiswa aktif di Karesidenan Surakarta dari program studi bidang kesehatan sebagai pelaksana vaksinasi dan program studi non-kesehatan sebagai pengelola administrasi data vaksinasi serta telah dinyatakan lolos seleksi.

Puti Citra Cantika, salah satu anggota Tim Hibah MBKM Prodi D-3 Kebidanan SV UNS menjelaskan, kegiatan Gemma Vaksinasi terdiri dari beberapa metode kegiatan.

Beberapa di antaranya adalah percepatan kegiatan vaksinasi, sosialisasi tata laksana vaksinasi Covid-19, promosi kesehatan tentang vaksinasi, dan pembuatan luaran praktik kerja.

Metode pertama, ujar Puti, adalah percepatan kegiatan vaksinasi. Kegiatan itu dilaksanakan dengan membentuk dan menerjunkan Semar Vaksinasi untuk melaksanakan vaksinasi.

Metode kedua, sosialisasi tata laksana vaksinasi Covid-19 kepada Semar Vaksinasi. Metode selanjutnya adalah promosi kesehatan tentang vaksinasi kepada masyarakat di Kabupaten Sukoharjo.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

“Terakhir adalah pembuatan luaran praktik kerja berupa publikasi artikel jurnal,” jelas Puti seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Kegiatan tersebut terlaksana berkat kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukoharjo. Puti berharap kegiatan itu akan membantu proses vaksinasi di tempat-tenmpat pelayanan kesehatan di wilayah kerja Dinkes Kabupaten Sukoharjo.

Sehingga, kegiatan ini akan mendorong kenaikan laju vaksinasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sukoharjo.

“Saya berharap program ini dapat mempercepat laju ketercapaian sasaran program vaksinasi di Indonesia, terutama di Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya berharap.

Sasaran mitra dalam proyek kemanusiaan ini adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo yang membawahi puskesmas, klinik, rumah sakit dalam proses vaksinasi.

Dengan memberikan penempatan bagi mahasiswa diharapkan akan membantu proses vaksinasi di tempat pelayanan kesehatan di wilayah kerja Dinkes Kabupaten Sukoharjo.  Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com