JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Penelitian WNI di AS, Vaksin Covid-19 Bakal Lebih Mudah dan Murah

ilustrasi virus Corona

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Satu lagi prestasi ditorehkan oleh anak bangsa. Seorang peneliti Indonesia di Amerika Serikat, Novalia Pishesha meneliti pembuatan calon vaksin Corona yang mudah dibuat dan berbiaya rendah.

Nantinya, vaksin tersebut cocok dikembangkan di Indonesia.

Novalia Pishesha tercatat sebagai junior fellow atau peneliti junior di Society of Fellows, Universitas Harvard.

Pada awal November, perempuan yang dipanggil Nova ini menerbitkan jurnal ilmiah tentang kandidat vaksin Covid-19 berbasis protein yang menyasar langsung sel-sel penyaji antigen (antigen-presenting cells/APCs).

Baca Juga :  Info Promo Alfamart, Indomaret, dan Superindo 26-28 November 2021, Ada Banyak Barang Promo

Temuannya dimuat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America.

Ia dan timnya mengujicobakan vaksin terhadap tikus muda dan tua. Hasilnya metode itu memicu kekebalan tubuh tikus terhadap SARS-CoV-2 – virus penyebab Covid-19 dan variannya.

Baca Juga :  Terdaftar Ilegal, Dinas ESDM Jateng Sebut 2 Galian C di Gondang Sragen Termasuk Pencurian Harta Negara. Polisi Diminta Menindak Tegas!

“Kandidat vaksin ini 100 persen efektif, karena semua tikus, jika dilihat datanya terlindungi,” ujar Nova seperti dilansir dari Voice of America (VoA)

Nova mulai memimpin penelitian itu bersama koleganya, Hidde Ploegh dan Thibault J. Harmand, pada April 2020. Penelitian dimulai sebulan setelah pengumuman status pandemi Covid-19 oleh WHO.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua