JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Prodi D3 Kebidanan SV UNS Gelar Gemma Vaksinasi di Sukoharjo

Penerjunan Semar Vaksinasi dalam kegiatan Gemar Vaksinasi oleh Tim Hibah MBKM Prodi D3 Kebidanan SV UNS di Kabupaten Sukoharjo / Istimewa

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Progam Studi Diploma 3 Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar gerakan mahasiswa mengabdi untuk vaksinasi (Gemma Vaksinasi) di Kabupaten Sukoharjo.

Diketuai Ismi Nurul Syahida, kegiatan tersebut berlangsung mulai bulan Agustus hingga November  2021.

Kegiatan tersebut sebagai bagian dari tim Hibah Mereka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan aplikasi dari program MBKM oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).

Ismi Nurul, melalui rilis yang dikirim Rosantika Utami ke Joglosemarnews menyebutkan, kegiatan itu bertujuan memacu kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan yang ada kaitannya dengan delapan skema MBKM.

Baca Juga :  Peringati Hari Guru, SMPN 8 Surakarta Tayangkan Puisi-puisi Karya Guru

Adapun skema tersebut meliputi magang, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, kewirausahaan, studi independen, asistensi mengajar, kegiatan kemanusiaan dan penelitian.

Di samping delapan skema tersebut, UNS menambahkan satu skema khusus, yaitu bela negara.

Dijelaskan, kegiatan Gemma Vaksinasi berupa praktik kerja yang dilakukan dalam rangka membantu program vaksinasi dengan membentuk Satuan Mahasiswa Membantu Realisasikan Vaksinasi (Semar Vaksinasi).

Baca Juga :  Tim Sains FKIP UNS Ajarkan Sains Pada Anak Usia Dini

Semar Vaksinasi merupakan mahasiswa aktif di Karesidenan Surakarta dari program studi bidang kesehatan sebagai pelaksana vaksinasi dan program studi non-kesehatan sebagai pengelola administrasi data vaksinasi serta telah dinyatakan lolos seleksi.

Puti Citra Cantika, salah satu anggota Tim Hibah MBKM Prodi D-3 Kebidanan SV UNS menjelaskan, kegiatan Gemma Vaksinasi terdiri dari beberapa metode kegiatan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua