JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ternyata Minum Kopi Tiga Kali Sehari Baik Untuk Kesehatan Lever Lho!

Ilustrasi secangkir kopi. Foto: pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM — Berita bahagia datang bagi siapapun yang hobi meminum kopi. Ternyata sebuah studi baru mengatakan bahwa kopi yang memiliki kafein sangat berdampak baik bagi kesehatan.

Melalui studi longitudinalnya, ternyata para peneliti menemukan sebuah penemuan yang menyatakan bahwa minum lebih dari tiga gelas cangkir yang memiliki kafein dalam sehari dapat mengurangi terjadinya penyakit lever.

Dilansir melalui republika.co.id, Minggu (14/11/2021), studi ini didasarkan pada data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional di Amerika Serikat. Data tersebut berisi jawaban dari responden mengenai makanan dan minuman yang mereka konsumsi.

Baca Juga :  Ingin Turunkan Berat Badan, Tak Perlu Diet Ketat dan Memforsir Tubuh

“Ini adalah yang paling dekat yang pernah kita dapatkan untuk hubungan antara apa yang orang makan atau minum dan kaitannya dengan kesehatan lever mereka, tidak ada studi longitudinal sebelumnya yang memantau orang selama bertahun-tahun,” ujar asisten profesor gastroenterologi di University of Michigan, dr Elliot Tapper, selaku penulis utama studi ini.

Agar sampai pada titik tersebut, Tapper dan rekan melihat data dari sekitar 4.500 pasien yang pernah mengikuti survei pada 2017-2018 lalu. Para responden berusia 20 tahun atau lebih, usia rata-rata 48 tahun, dengan sebanyak 73 persen kelebihan berat badan, kira-kira rata-rata nasional.

Baca Juga :  Waspadai Radang Sendi, Cek Penyebabnya dan Simak Cara Mengatasinya

Para peneliti tidak menemukan hubungan antara konsumsi kopi dan ukuran lever berlemak. Akan tetapi, mereka menemukan hubungan antara kopi dan kekakuan organ lever (hati).

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua