JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Wah, Ternyata Ada Ribuan ASN yang Terindikasi Ikut Terima Bansos!

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ada fakta cukup mengejutkan, karena terdapat ribuan aparatur sipil negara (ASN) yang ternyata ikut menerima bantuan sosial.

Hal itu terungkap ketika Kementerian Sosial melakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) guna meningkatkan ketepatan sasaran penerima bantuan.

Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) menyatakan, ada enam metode yang ditempuh Kemensos dalam melakukan pemutakhiran data tersebut.

Enam metode itu adalah dari usulan daerah, melalui fitur “usul” dan “sanggah” pada aplikasi CekBansos.go.id, dari data bencana, hasil pengecekan lapangan berdasarkan berita media, hasil verifikasi pejuang muda, dan hasil dari geo-tagging data spasial dari citra satelit.

Baca Juga :  Penuhi Kebutuhan Obat Selama Pandemi, Presiden Jokowi Patenkan 2 Obat Covid-19

Dari daerah memuat dinamika data kependudukan terkait warga yang meninggal, pindah alamat atau pindah segmen.

Bila tidak terdaftar oleh pemerintah daerah, masyarakat memiliki kesempatan mendaftarkan diri melalui fitur “usul” dan “sanggah”.

Kemudian dari bencana, membuka peluang menambah jumlah orang miskin, sehingga perlu diusulkan pada data kemiskinan.

Baca Juga :  Mayat Wanita Hancur Terlindas Kereta Api di Dekat Stasiun Klender Jakarta. Warga Sampai Tak Tega Melihatnya

Dari berita media, Kemensos melakukan verifikasi lapangan. Bila terbukti memenuhi persyaratan, maka bisa dimasukkan dalam data penerima bantuan.

“Kami juga menggunakan teknologi geo-tagging data spasial dari citra satelit. Dengan teknologi tersebut memungkinkan diketahui kondisi rumah. Di daerah dimana citra satelit kurang memadai, kami dibantu oleh pejuang muda yang juga melakukan tagging. Dengan mendatangi dan memotret rumah,” kata Risma lewat keterangan tertulis, Kamis (18/11/2021).

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua