JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Angin Kencang Porak-Porandakan 6 Kecamatan di Sragen. 9 Pohon Besar Tumbang, 2 Rumah Rusak, Tenda Raksasa BPBD Hancur

Relawan dan petugas BPBD Sragen saat mengevakuasi pohon tumbang menimpa jalan raya Sragen akibat terjangan angin kencang, Kamis (9/12/2021) petang. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur hampir sebagian besar wilayah Sragen, Kamis (9/12/2021) siang hingga petang, menimbulkan sejumlah kerusakan.

Data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sragen mencatat setidaknya ada 6 kecamatan yang terdampak.

Enam kecamatan itu antara lain Masaran, Sambungmacan, Sidoharjo, Sragen Kota, Karangmalang dan Ngrampal.

Kerusakan yang terjadi mulai dari pohon tumbang, rumah rusak tertimpa hingga kabel jaringan listrik yang putus tertimpa pohon.

Data yang dihimpun di lapangan, bencana angin kencang itu melanda pukul 16.00 WIB bersamaan dengan hujan deras yang mengguyur.

Terjangan angin berkecepatan tinggi itu membuat beberapa pohon besar di tepi jalan bertumbangan. Tumbangnya pohon ada yang menutup jalan raya ada pula yang menimpa rumah.

Baca Juga :  LDII Sragen Bersama Basnaz Menggelar Khitan Masal di Momen Libur Panjang Sekolah 2024

Kepala Pelaksana Harian BPBD Sragen, Agus Cahyono mengatakan di Kecamatan Masaran, kerusakan yang terjadi adalah pohon tumbang menghalangi jalan Raya Solo-Sragen di wilayah Bulu, Masaran.

Kemudian di rest area Prampalan Masaran, juga pohon tumbang menghalangi jalan hingga membuat kemacetan arus.

Lantas di Kecamatan Sambungmacan, pohon besar juga tumbang menutup jalan raya. Di antaranya di Dukuh Klonggean, Desa Plumbon, di Dukuh Jambangsari dan di depan SMPN 2 Sambungmacan.

Di Kecamatan Sidoharjo, pohon tumbang juga terjadi di Dukuh Taraman RT 11 yang menimpa kabel PLN. Lantas di Karangtengah, RT 17, Singopadu, terjangan angin membuat atap teras dan rumah hunian warga rusak.

Baca Juga :  Polisi Razia Puluhan Sepeda Motor Kenalpot Brong di Sragen Usai Pengasahan Warga Perguruan Silat

Kemudian di Kecamatan Sragen, pohon besar juga tumbang menimpa kabel PLN. Di halaman Pemda, sebuah tenda pleton BPBD hancur robek-robek dan tak bisa digunakan lagi.

“Di Kecamatan Karang Malang, dua pohon tumbang di dekat makam menghalangi jalan di Jurangjero Kidul. Lalu di Dukuh Bangunrejo Desa Saradan ada pohon tumbang menimpa kabel PLN,” jelasnya.

Lantas di Kecamatan Ngrampal, ada pohon tumbang juga menutupi jalan di Dukuh Ngablak RT 14, Desa Bandung.

“Kerugian total sekitar Rp 361 juta. Terdiri dari 2 unit rumah dan tenda BPBD serta 9 pohon besar tumbang. Tapi tidak ada korban jiwa. Kerusakan dan pohon tumbang sudah terkondisi sekitar pukul 19.00 WIB,” jelasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com