JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Dipimpin Kapolres, Puluhan Polisi Sukoharjo Mendadak Dikerahkan Periksa Gereja Kristus Raja Solo Baru. Ini Yang Dilakukan!

Puluhan personel Polres dibantu TNI dan instansi samping saat dikerahkan melakukan simulasi pengamanan gereja di Solobaru jelang Natal, Sabtu (18/12/2021). Foto/Wardoyo
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pengamanan Natal dan Tahun Baru mendapat atensi tinggi dari Polres Sukoharjo. Sebagai bentuk kesiapan, Polres melaksanakan simulasi sterilisasi dan pengamanan gereja jelang Natal Tahun 2021.

Simulasi dilaksanakan salah satunya di Gereja Kristus Raja Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (18/12/2021).

Dalam simulasi tersebut selain dari Polres Sukoharjo, juga melibatkan Kodim 0726 Sukoharjo, Satpol PP, dan pengurus gereja.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada personel bagaimana nantinya saat kita melaksanakan pengamanan.

“Tentunya sebelum jemaah gereja melaksanakan misa, kita sudah melakukan sterilisasi, melakukan pengecekan di sekitar lokasi, baik di luar maupun di dalam gereja,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

 

Personel polres Sukoharjo saat memeriksa lokasi gereja untuk pengamanan Natal. Foto/Wardoyo

Pada pelaksanaannya nanti, lanjut Kapolres, kita juga melaksanakan pengecekan terhadap protokol kesehatan.

“Bagaimana jemaah nanti disiapkan untuk cuci tangan, pengecekan suhu, pengecekan aplikasi Peduli Lindungi,” jelasnya.

“Untuk di dalam ruangan gereja juga diatur tempat duduknya dengan diberi nomor. Sehingga jaraknya bisa teratur,” tambahnya.

Kapolres menambahkan dalam perayaan natal ini, jemaah gereja juga dibatasi sebanyak 50% dari kapasitas gereja. Sehingga jemaah yang tidak terdaftar dapat mengikuti di tempat lain ataupun di waktu yang lain.

“Harapannya selain untuk mengingatkan anggota standar operasional prosedur (SOP) pengamanan, juga untuk mengedukasi jemaah gereja saat perayaan natal,” ungkap Kapolres.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Semoga simulasi ini nantinya dapat memberikan kenyamanan dan menjamin Kamtibmas kepada jemaah yang menjalankan natal. Sehingga wilayah Kabupaten Sukoharjo tetap dalam keadaan aman, tertib dan kondusif,” pungkas Kapolres.

Sementara itu, Romo Gereja Kristus Raja, Ignasius Suharyono, mengucapkan terima kasih kepada Polres Sukoharjo yang telah melaksanakan simulasi pengamanan gereja.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Polres Sukoharjo dan Pemerintah Daerah, sehingga kami umat kristiani dapat menjalankan natal dan tahun baru di masa pandemi ini,” ungkapnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com