JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Fenomena Miris Banyak SD di Sragen Ambruk Bertumbangan Karena Lapuk. Bupati Yuni: Karena Cuaca atau Kualitas Bangunan Kurang Baik?

Kondisi kusen jendela di ruang kelas SDN Kebonromo 3 Ngrampal yang hancur lapuk dimakan rayap. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati meminta agar dilakukan pemetaan dan skala prioritas untuk penanganan sekolah yang rusak parah.

Hal itu menyusul laporan beberapa bangunan sekolah dasar negeri (SDN) di Sragen yang dilaporkan rusak parah hingga ambruk.

Setidaknya hingga saat ini ada 3 SDN yang rusak parah. Yakni SDN Kebonromo 3 Ngrampal, SDN Pelemgadung 3 Karangmalang dan SDN Toyogo 2 Sambungmacan.

Baca Juga :  Viral Mobil Rusak Usai Minum Dexlite di Sragen, SPBU: Bukan Abal-abal, Tapi Karena Terkontaminasi Air

“Saya belum cek apakah SD itu udah pernah mendapatkan bantuan atau belum. Itu bangunan tahun berapa, semua butuh pemetaan,” paparnya kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).

Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Foto/Wardoyo

Bupati menyampaikan untuk perbaikan memang harus diterapkan skala prioritas. Karena hal itu menyangkut kemampuan anggaran daerah.

Pihaknya akan mengusulkan DAK ke pemerintah pusat tentunya dengan dasar laporan pemetaan kondisi kerusakannya.

“Kami akan minta dicek kerusakan SD yang saat ini terjadi. Apakah karena cuaca atau kemarin kualitas bangunan yang kurang baik mungkin,” terangnya.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen, Suwardi menyampaikan ada tiga SDN yang dalam kategori rusak parah.

“Sebetulnya tidak banyak Pak. Ini bisa dicover, hanya ada beberapa sekolahan dari luar masih baru tapi di dalamnya banyak kayu-kayu yang keropos yang tidak kelihatan. Selain 2 yakni Toyogo dan Pelemgadung, Kebonromo.
Yang lain tidak begitu,” ujarnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com