JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Ini Daftar Lengkap 4 Tempat Wisata Terpopuler di Boyolali yang Cocok untuk Liburan. Dari Gunung, Umbul hingga Replika Air Terjun Niagara yang Jadi Primadona!

Kemegahan kompleks Kebun Raya Indrokilo Boyolali dengan beragam replika bangunan bersejarah dari berbagai belahan dunia. Foto/Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menjadi bagian dari eks Karesidenan Surakarta, Kabupaten Boyolali juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang patut diandalkan.

Tak hanya wisata alam yang menyajikan keindahan gunung, kesejukan mata air dan keelokan panorama, Boyolali juga memiliki wisata buatan yang modern dan kekinian seperti KRIB.

1.Kebun Raya Indrokilo:

Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) diresmikan LIPI pada Mei 2019 lalu. Seiring menurunnya PPKM, maka kini kebun raya yang berlokasi di Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo kembali dibuka untuk umum.

Kemegahan kompleks Kebun Raya Indrokilo Boyolali dengan beragam replika bangunan bersejarah dari berbagai belahan dunia. Foto/Waskita

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boyolali, Lusia Dyah Suciati, hingga kini tiket masuk masih gratis.

Namun demikian, pengunjung tetap wajib membawa tiket untuk diserahkan kepada petugas di pintu gerbang masuk.

“Besaran tiket masuk masih dalam pembahasan. Yang ada baru sewa sepeda untuk keliling di kawasan KRIB yang dipatok Rp 5.000/jam,” katanya.

Dalam kawasan KRIB seluas 8,9 hektare, terdapat lebih dari 900 spesimen koleksi tumbuhan yang sudah ditanam. Kebun Raya

Baca Juga :  Satlantas Polres Boyolali Musnahkan Ratusan Knalpot Brong dengan Gergaji. Begini Caranya

Indrokilo juga memiliki beberapa monumen serta bangunan yang khas.
Semua monumen ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan jadi tempat untuk berfoto.

Seperti, Gerbang Pasingsingan, Patung Sosro Birowo, serta replika Air Terjun Niagara. Ada pula replika bahtera Nabi Nuh yang berada di sisi selatan.

Kebun Raya Indrokilo Boyolali juga dilengkapi sejumlah taman tematik seperti Taman Tematik Buah Lokal, Taman Paku-pakuan, Taman Labirin, Taman Koleksi Tanaman Obat, dan Taman Koleksi Bambu.

2. Wisata Air Kali Guyangan

Kali Guyangan di Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono kini menjadi ikon baru wisata di kawasan Boyolali. Pengunjung sangat ramai, utamanya pada hari Minggu dan hari libur.

Ada sensasi tersendiri bagi pengunjung. Ya, mereka bisa menikmati aneka makanan dari sejumlah warung makan yang buka di pinggir sungai. Uniknya, pemilik warung menyediakan meja dan kursi bagi pengunjung di tengah sungai.

Baca Juga :  Vaksinasi Anak Dosis Kedua di Boyolali Mulai Digelar

“Ya, sambil menikmati hidangan, pengunjung bisa sambil keceh atau mencelupkan kaki ke dalam air sungai yang jernih,” ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali, Supana.

Pesona Kali Guyangan yang menjadi primadona pecinta wisata air di Boyolali. Foto/Waskita

Tak jauh dari sana, juga terdapat Komplek Pemandian Pengging yang merupakan peninggalan Keraton Surakarta.

Ada tiga pemandian yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Yaitu, Umbul Temanten, Umbul Dhudha dan Umbul Ngabeyan.

Yang terakhir ini dulu merupakan tempat mandi keluarga Keraton Surakarta.

“Airnya jernih dan sejuk karena langsung keluar dari mata air. Pengunjung juga menikmati tempe dan tahu goreng yang disajikan dalam kondisi hangat,” ujarnya.

3. Wisata Alam Gunung Merapi- Merbabu

Bagi masyarakat yang suka petualangan, maka wisata alam Merapi- Merbabu di Kecamatan Selo mungkin bisa jadi alternatif tujuan wisata yang bisa dituju.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua