JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

S2 Pendidikan Biologi UNS Gelar Guest Lecture Bersama Universiti Kebangsaan Malaysia

Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Prodi Pascasarjana Pendidikan Biologi UNS Surakarta menggelar Guest Lecture pada Selasa (23/11/2021) dan Selasa (30/11/20210).

Dalam rilis yang dikirim ke Joglosemarnews dijelaskan, Guest Lecture bertema “Mixed Method Research Design and Data Instrumentation” itu merupakan realisasi dari kerja sama antara UNS Surakarta dengan Universiti Kebangsaan Malaysia.

Dalam kegiatan kali ini, UNS mengundang Dr. Nurfaradilla Mohamad Nasri selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (Assistant Dean of Student Affairs) Universiti Kebangsaan Malaysia sebagai keynote speaker.

Nurfaradilla memaparkan tentang Mix Method yang merupakan penelitian campuran menggunakan dua pendekatan sekaligus, yakni pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

“Penelitian jenis ini muncul karena peneliti ingin mendapatkan data yang lebih komprehensif agar dapat menjawab rumusan masalah secara lebih mendalam dari data kuantitatif dan kualitatif yang didapatkan,” jelasnya.

Pada sesi selanjutnya, Dr. Nurfaradilla lebih menekankan pada metode yang digunakan dalam penelitian mix method.

Menurut dia, penelitian mix method cenderung lebih membutuhkan waktu banyak karena peneliti harus meyakinkan bahwa data yang didapat sudah valid pada kedua jenis data, baik pada data kuantitatif maupun data kualitatif.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Apabila data kuantitatif ataupun kualitatif yang didapatkan tidak valid, maka peneliti harus mengulang penelitian tersebut hingga mendapatkan data kuantitatif dan kualitatif yang valid.

Selama acara tersebut, partisipan terlihat bersemangat. Antusiasme dari partisipan terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber sampai akhir acara. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com