JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tanggul Karang Kecamatan Slogohimo Wonogiri Rusak, Antisipasi Longsor Karung Berisi Tanah Dijadikan Perisai

Tanggul
Antisipasi longsor dengan menempatkan karung berisi tanah di tanggul yang rusak. Dok. Kodim 0728
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tanggul yang berada di Lingkungan Karang Kelurahan Karang Kecamatan Slogohimo Wonogiri rusak. Akhirnya ditempuh langkah antisipasi supaya tidak bertambah memburuk hingga terjadi longsor.

Langkah antisipasi longsor itu dilaksanakan dengan mengisi tanah ke dalam karung. Selanjutnya dipasang di lokasi tanggul yang rusak.

Melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (25/12/2021), guna mengantisipasi terjadinya longsor di musim penghujan, Babinsa Kelurahan Karang Koramil 22/Slogohimo, Serda Budi Surepno bersama masyarakat saling bergotong-royong dan saling bahu-membahu memperbaiki tanggul jalan desa.

Baca Juga :  Pesta Siaga Ranting Karangtengah Wonogiri, Gembira Semangat Inovatif dan Terampil

Tanggul tersebut berada di Lingkungan Karang RT 2 RW 8 Kelurahan Karang Kecamatan Slogohimo. Kegiatan yang dilaksanakan Babinsa bersama masyarakat kali ini, sebagi bentuk upaya mengantisipasi terjadinya longsor dan menahan air pada saat hujan tiba.

Serda Budi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di antaranya adalah penanganan pertama. Ini ditempuh sebelum nantinya tanggul tersebut kembali dibangun secara permanen oleh pihak Kelurahan.

“Kami mengisi karung-karung dengan tanah dan menempatkan karung berisi tanah tersebut di tempat tanggul yang sebelumnya sudah rusak. Kami bersama-sama bergotong-royong melaksanakan kerja bakti membenahi tanggul untuk memperkuat serta menahan tanah agar tidak tergerus dan terjadi longsor saat hujan datang,“ terang Babinsa.

Baca Juga :  Kearifan Lokal Gempa Bumi di Wonogiri, Keluar Rumah Kentongan dan Bedug Masih Lestari

Melihat kebersamaan yang ada, Babinsa sangat mengapresiasi warga akan kepeduliannya, yang mempunyai rasa saling memiliki apa yang sudah mereka bangun. Di sinilah letak kekuatan kebersamaan. Apa yang semula berat dapat teratasi jika bekerja bersama-sama.

Dirinya juga tak lupa mengimbau kepada seluruh warga untuk tetap meningkatkan kewaspadaan. Sekaligus selalu siap siaga terhadap bencana yang mungkin terjadi. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com