JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Beberapa Penyebab Gigi Kuning, Meski Rajin Menyikat Gigi

Ilustrasi gosok gigi. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Memiliki gigi putih bersih dan sehat merupakan harapan banyak orang. Pada umumny orang terlahir dengan gigi berwarna putih gading. Tetapi seiring waktu dan dipengaruhi oleh beberapa hal warna gigi berubah menjadi kuning hingga abu-abu.

Ternyata warna gigi juga ditentukan oleh DNA dengan cara yang sama saat DNA mempengaruhi warna mata dan rambut seseorang.

Selain itu, memiliki kebiasaan buruk juga berpengaruh terhadap perubahan warna gigi. Pada sebagian besar kasus, kebiasaan tersebut akhirnya berdampak pada kerusakan gigi.

Penyebab Gigi Kuning

Menurut Crest, terdapat beberapa kebiasaan seseorang yang menyebabkan perubahan warna pada gigi, berikut penjelasannya:

Pengaruh Makanan

Makanan yang mengandung kadar tannin tinggi menjadi penyebab potensial gigi kuning. Beberapa makanan dan minuman yang wajib dihindari dikurangi yaitu kopi, teh, dan buah anggur. Zat yang terkandung dalam makanan tersebut akan masuk ke dalam email gigi dan mempengaruhi perubahan warna jangka panjang

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Kebiasaan Merokok

Merokok menjadi salah satu penyebab utama gigi menguning, hal itu dikarenakan noda yang ditinggalkan dari asap rokok di dalam mulut bisa membandel. Bagi perokok yang ingin kembali memutihkan gigi, berhenti merokok serta rutin melakukan perawatan mulut dan gigi menjadi solusi yang tepat untuk dilakukan

Konsumsi Obat
Pasien yang sedang menjalani kemoterapi, terutama pada pasien kanker kepala dan leher memiliki risiko gigi kuning yang jauh lebih besar. Namun, beberapa jenis obat termasuk obat asma dan tekanan darah tinggi juga menjadi penyebab gigi menguning apabila sering dikonsumsi dan dalam jangka panjang.

Tidak menjaga kebersihan gigi

Timbunan plak merupakan salah satu penyebab utama noda pada gigi. Plak muncul akibat bekas makanan yang tidak dibersihkan hingga menumpuknya jaringan ludah sedikit demi sedikit. Semakin lama tidak membersihkan gigi, maka plak akan kuning semakin menebal.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Terlalu banyak fluoride

Komposisi yang ada dalam obat kumur dan pasta gigi salah satunya yaitu fluoride. Fluoride sangat berguna untuk melindungi gigi dan menjaga kebersihan mulut. Namun, terlalu banyak fluoride dan zat asam yang terkandung dalam obat kumur justru menyebabkan gigi menguning.

Jika Anda sering mengonsumsi bahan makanan dan melakukan kebiasaan buruk penyebab gigi kuning, Anda harusnya bisa mengatasinya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, penggunaan produk pemutih gigi bisa Anda coba tetapi sesuai dengan anjuran dan resep dari dokter gigi. Sehingga, langkah yang Anda pilih sesuai dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com