JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Dibuka Besok, Puluhan Pedagang Durian Siap Ramaikan Festival Durian Karanganyar di Desa Gempolan. Bupati Bakal Hadir Membuka, Simak Daftar Harga Duriannya!

Tumpukan durian baru petik dari kebun di Desa Gempolan, siap untuk menyambut festival durian Gempolan yang akan dibuka Selasa (1/2/2022). Foto/Wardoyo
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 90 lapak dipastikan sudah siap menyambut bazar dan festival durian di Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Senin (31/1/2022).

Festival besar-besaran produk durian khas Gempolan dan berbagai wilayah di Karanganyar itu dijadwalkan dibuka resmi mulai Selasa (1/2/2022) besok hingga Kamis (3/2/2022).

Selama 3 hari, pengunjung bakal disuguhkan beragam jenis produk durian unggulan dari Desa Gempolan dan sentra-sentra durian di sekitarnya.

Harga pun dijamin sangat variatif dan terjangkau. Kades Gempolan, Suhardi Jayus mengatakan hingga petang ini, sudah 90 lapak yang siap untuk berdiri meramaikan festival Durian Gempolan.

Kades Gempolan, Suhardi Jayus saat menunjukkan durian jumbo produksi Desa Gempolan. Beragam jenis durian asal desa setempat bakal dipajang dalam Festival Durian yang dibuka 1-3 Februari mendatang. Foto/Wardoyo

Dari jumlah itu, 70 lapak akan memajang produk UMKM dari berbagai jenis dan 20 lapak akan memajang produk durian.

Jumlah lapak untuk durian lebih sedikit lantaran banyak pedagang dan pengepul yang lebih memilih untuk bergabung menjadi satu stan dengan rekannya.

Sehingga meski jumlahnya 20 lapak, jumlah durian yang akan disajikan dipastikan sangat banyak.

“Karena untuk lapak durian, sebagian ada beberapa pedagang dan pengepul yang milih kumpul jadi satu stan. Jadi satu stan besar itu untuk beberapa pedagang,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Deretan lapak untuk festival durian sudah siap menyambut pengunjung di Desa Gempolan, Kerjo, Karanganyar. Foto/Wardoyo

Festival durian terbesar di Karanganyar itu akan digelar di sepanjang jalan utama desa yakni dari RT 2 hingga RT 3.

Para pengunjung nantinya bisa bertransaksi langsung dengan pedagang yang ada di stan-stan.

Jayus menguraikan durian yang ditampilkan nantinya adalah durian lokal dan unggulan yang selama ini menjadi andalan Desa Gempolan.

Salah satunya Durian Musangking yang dikenal memiliki daging buah tebal dan rasa khas manis hingga pahit manis.

Soal harga, ia menggaransi sangat variatif tinggal menyesuaikan kekuatan kantong.

“Untuk Durian Gempolan harga yang dipajang nanti bervariasi mulai dari Rp 20.000, Rp 25.000, Rp 50.000 hingga yang kualitas jumbo Rp 100.000 per buah. Ada pula jenis durian Montong dan beberapa jenis lainnya. Yang jelas ini langsung dari kebun warga sini sehingga harga jelas jauh lebih miring,” urainya.

Kades Gempolan, Suhardi Jayus menunjukkan salah satu durian unggulan dari Gempolan. Foto/Wardoyo

Bupati Karanganyar, Juliyatmono memastikan akan hadir untuk membuka festival durian tersebut. Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , ia memastikan akan hadir langsung untuk membuka festival di Gempolan itu.

“Iya besok saya hadir untuk membuka festival durian di Gempolan,” ujarnya melalui pesan WA. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com