JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Duh, Bupati Sragen Blak-Blakan Ungkap Ada Dinas Kabid-Kabidnya Merasa Sok Keminter dan Angel Diatur Sampai Bikin Kepala Dinasnya Kehilangan Karakter. “Do Rumongsoo!”

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wabup dan Sekda. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pelantikan 331 pejabat eselon struktural dan fungsional di Sragen, Jumat (31/12/2021) malam menyisakan cerita miris.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengaku prihatin persoalan internal pegawai-pegawai di salah satu dinas yang berimbas pada kinerja kepala dinasnya.

Bupati pun menyentil agar semua jajaran di dinas itu segera introspeksi dan mengevaluasi diri masing-masing. Sebab jika masih bertahan dengan karakter sok pinter, maka akan merusak kekompakan dan mustahil bisa memberikan kinerja yang maksimal.

Meski tidak secara vulgar, Bupati mengisyaratkan dinas yang diwarnai pergolakan internal itu adalah Dinas Komunikasi dan Informatika.

Cerita pergolakan internal itu diawali dengan keheranan bupati melihat perubahan besar pada sang Kepala Dinas Kominfo, Yuniarti. Sejak menjabat di dinas itu, bupati melihat ada perubahan besar dari semangat hingga kinerja mantan Camat tersebut.

Baca Juga :  Kerja Keras Sejak Kuliah, Anak Pedagang Bawang Asal Sidoharjo Sragen Sukses Jadi Pengusaha Otomotif di Usia Masih Sangat Muda

“Kenapa sih Bu Yuni yang dulu saya kenal waktu jadi Camat kerjanya, semangat luar biasa. Saya paling ingat barangkali Camat perempuan satu-satunya yang mumpuni tapi begitu jadi Kepala Dinas Kominfo berubah mbeler eram. Saya lupa gimana Bu Yuni yang dulu, yang saya ingat punya semangat yang luar biasa. Ternyata faktor internal yang membelakangi itu. Makanya do rumongsoo kabeh (silakan semua pada merasa, introspeksi),” ujar Bupati dengan nada agak naik saat memberi sambutan usai pelantikan.

Bupati pun menjelaskan penurunan semangat dan kinerja yang menimpa Bu Yuni itu akhirnya menyiratkan pertanyaan besar di benaknya.

Baca Juga :  Sudah Terima SK, Tugas Utama 788 Guru PPPK Cari Murid Sebanyak-Banyaknya. Bupati Sragen: Jangan Kalah Sama Swasta!

Apakah berarti seorang pemimpin tidak bisa memimpin sebuah dinas. Ataukah memang ada yang tak beres dari personel-personel yang mengisi di dinas itu sehingga tak bisa dikendalikan.

“Apakah memang dinas itu diisi orang-orang yang keminter sehingga dikandani ora gelem dan tidak mau menunjukkan sikap yang baik dan santun dalam mengelola sebuah dinas. Inilah yang harus dilakukan oleh semuanya,” ujarnya.

Bupati pun meminta agar persoalan di internal Dinas Kominfo itu diceritakan kepada kepala dinas yang baru saat serah terima nanti.

Bu Yuni sendiri akhirnya dipindah ke Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata menggantikan I Yuseph Wahyudi yang ganti posisi di Kepala Diskominfo.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua