JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Harga Beras Naik di Beberapa Daerah, Pemerintah Diminta Bertindak Cepat

Ilustrasi beras / tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah diminta untuk bertindak cepat untuk mengendalikan harga beras yang mengalami kenaikan di berbagai daerah dalam sepekan terakhir ini.

Hal itu disampaikan oleh anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin.

Ia mengatakan, tindakan cepat dari pemerintah perlu dilakukan, agar kondisi tersebut tidak berlarut-larut, karena merupakan kebutuhan mendasar pangan rakyat.

“Langkah pertama untuk mengendalikan beras, agar pemerintah segera membayar Perum BULOG yang mencapai Rp 4,5 triliun sehingga BULOG dapat segera menjalankan penugasannya sebagai lembaga penyalur beras berupa Bansos pemerintah. Dengan Bulog yang menjalankan fungsinya dengan sigap, maka permintaan beras akan semakin dapat dikendalikan terutama permintaan beras medium,” tutur Akmal.

Baca Juga :  Resmi, Ini Daftar Harga BBM Terbaru Berlaku Mulai Hari Ini 1 Desember 2022. Dari Pertalite, Solar, Pertamax, Hingga Pertamina Dex!

Dia  menambahkan, biasanya beras naik diakibatkan oleh jarangnya panen raya yang biasanya terjadi bulan Agustus.

Saat ini di Januari 2022  memang bukan waktunya panen raya, akan tetapi sudah ada yang panen dan stok di gudang bulog seharusnya dapat mengendalikan harga di pasar.

Baca Juga :  Erupsi Gunung Semeru Paksa 1.979 Warga Mengungsi ke Tempat Lebih Aman

“Dinamika harga beras, pemerintah mesti dapat mengatasinya meskipun ini hanya efek psikologis sebelum memasuki panen raya. Karena pemain beras utama di negeri ini hanya segelintir, sehingga sebenarnya mudah bagi pemerintah mengendalikan harga beras,” ujar Akmal.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com