JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ingat Penggunaan Dana Desa untuk BLD DD Minimal 40 Persen Loh

Ilustrasi uang palsu. Foto: JSNews

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Penggunaan Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) minimal adalah 40 persen.

Pengaturan BLT DD di tahun 2022 sudah diatur di Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022. Juga ada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 190 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Dana Desa.

BLT DD sebesar Rp 300 ribu untuk tiap keluarga penerima manfaat atau KPM di desa tetap berlanjut. Jika digabungkan, anggaran dana desa untuk BLT DD mencapai Rp 85 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Wonogiri Antonius Purnama Adi melalui Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Wonogiri Zyqma Idatya Fitha mengatakan pengaturan BLT DD di tahun 2022 sudah diatur di Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022 dan juga Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 190 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Baca Juga :  Longsor di Nglarangan Conto Bulukerto Wonogiri, Jalan Desa Tertutup

“Kita mengacu pada itu. Jadi minimal dana desa untuk BLT DD 40 persen,” kata Fitha Rabu (12/1/2022).

Proporsi 40 persen dana desa untuk BLT DD sudah dikunci dari pusat. Jadi, kata dia, jika BLT DD tak memenuhi 40 persen dari dana desa maka sisa dari 40 persen anggaran untuk BLT DD tak disalurkan pihak desa, tetap di kas negara.

Baca Juga :  Bus Maut Panca Tunggal Sudah 2 Kali Tidak Kir, Korban Tewas Terima Santunan 50 Juta

Pihak PMD Wonogiri memang sempat menerima keluhan dari pihak desa yang kesulitan mencari keluarga penerima manfaat (KPM) BLT DD. Pasalnya, banyak warga yang sudah terkaver bantuan sosial (bansos) yang disalurkan dari Dinas Sosial (Dinsos).

Fitha menuturkan, berdasarkan koordinasi PMD dengan Dinsos, KPM penerima bansos dari Dinsos masih dikaji apakah akan ada perluasan atau tidak. Karena itu, yang twrpenting pihak desa melakukan pendataan penerima BLT DD berdasarkan prioritas keluarga miskin.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com