JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kabar Baik, 6 Jalan Rusak Terparah di Karanganyar Bakal Segera Dibangun. Salah Satunya Paling Viral Dikeluhkan, Ini Daftar Lengkapnya!

Kondisi jalan Jambangan-Grompol, rusak parah. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Banyaknya jalan rusak di Karanganyar membuat Pemkab setempat terpaksa harus selektif menerapkan skala prioritas.

Adanya keterbatasan anggaran akibat pandemi covid-19 memaksa pembangunan jalan akan dipilih dari yang kerusakan paling tinggi.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Karanganyar, Margono mengatakan ada enam ruas jalan yang diprioritaskan akan dibangun di tahun ini.

Total anggarannya Rp 30 miliar bersumber dari DAK. Enam ruas jalan itu adalah Beruk-Wonokeling (Rp 3,750 miliar), Ngemplak-Tunggulrejo (Rp 4 miliar), Gempolan-Ngargoyoso (Rp 4,750 miliar), Grompol-Jambangan (Rp 5,788 miliar), Dugdowo-Losari (Rp 2,75 miliar).

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Sebanyak 442.000 Kambing dan Sapi di Karanganyar Sehat Siap Konsumsi Jual

Enam ruas jalan itu dibiayai dari DAK reguler senilai Rp 20,788. Masih ada DAK penugasan senilai Rp 9,689 miliar yang dipakai membiayai salah satunya perbaikan ruas Tasikmadu-Kebakkramat.

“Usulan agar didanai DAK tidak semua dipenuhi Kementrian PU. Hanya yang prioritas. Itu pun hanya bagian-bagian yang dinilai parah saja sesuai gambaran yang kami ajukan. Misalnya, untuk ruas Grompol-Jambangan, hanya disetujui perbaikan sepanjang 1,7 kilometer saja,” katanya kepada wartawan, Senin (17/1/2022).

Baca Juga :  Awas, Polres Karanganyar Bakal Gelar KKYD Selama 7 Hari ke Depan. Simak Penjelasan Kapolres!

Ia menjelaskan pengucuran DAK oleh pemerintah pusat juga mempertimbangkan efektivitas. Sehingga harus dilakukan seleksi terhadap jalan yang akan dibangun.

Enam ruas jalan itu ternyata pendukung pengembangan tata ruang dan wilayah.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua