JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong, Apa Efeknya untuk Badan?

Ilustrasi secangkir kopi. Foto: pexels.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Menyeruput kopi di pagi hari telah menjadi kebiasaan banyak orang di Indonesia. Banyak para penikmat kopi yang meminumnya sesaat setelah bangun tidur, dalam keadaan perut kosong.

Dari kebiasaan itu, ada salah satu faktanya adalah, secangkir kopi tidak akan menenangkan perut yang keronconganbahkan justru bisa membuat sakit.

Memang benar bahwa kopi memiliki berbagai manfaat kesehatan. Namun, minum kopi saat perut kosong bisa menimbulkan bahaya sebagai berikut, dikutip dari laman Times Now News, Senin (10/1/2022):

– Ketidaknyamanan pencernaan, seperti timbulnya gas, refluks asam, mual, dan gangguan pencernaan.

– Ketidaknyamanan bisa bertahan dalam pencernaan ibu hamil untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, perempuan harus sangat berhati-hati agar tidak minum kopi dengan perut kosong saat mengandung.

– Karena tidak adanya makanan di perut, minum kopi bisa merusak lapisan lambung.

“Saat pertama bangun tidur, kita dalam keadaan kosong karena tidak menyantap atau meminum apa pun dalam periode yang panjang,” jelas perawat terdaftar Jenny Branco RN BSN IHP, seperti dilansir SheFinds, Kamis (23/12/2022).

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Ketika pada keadaan kosong ini seseorang memilih minum kopi, metabolisme tubuh akan meningkat. Selain itu, tubuh akan membutuhkan lebih banyak sumber energi untuk menunjang peningkatan metabolisme tersebut.

Sekilas, peningkatan metabolisme ketika perut kosong ini tampak seperti hal yang baik untuk membakar lemak. Akan tetapi, kondisi ini sebenarnya bisa membahayakan sistem saraf, memicu lonjakan energi yang membuat kewalahan tanpa adanya makanan.

“Tanpa sumber energi yang baik, tubuh akan memasuki mode fight or flight dan mengaktifkan sistem saraf simpatik,” ungkap Branco.

Setelah itu, sistem endokrin yang berperan dalam mengatur hormon, akan menginisiasi mekanisme bertahan diri. Mekanisme ini berupa peningkatan homron krotisol yang menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula darah.

“Dan memberikan efek serius (mengurangi efektivitas) pada kesehatan metabolisme jangka panjang,” ujar Branco.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Di samping itu, meminum kopi ketika perut kosong dapat memicu perasaan gelisah. Kondisi ini akan membuat seseorang kesulitan untuk fokus sepanjang hari.

Tak sukar untuk menghindari risiko tersebut. Coba makan buah-buahan atau semangkuk sereal sebelum menikmati secangkir kopi.

Kopi bisa diminum saat sarapan, bukan sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa cara agar bisa mengonsumsi kopi dengan aman:

– Jangan mengonsumsi kafein yang melebihi asupan aman harian. Rekomendasi untuk orang dewasa rata-rata 400 mg.

– Hindari menambahkan gula berlebihan ke kopi.

– Gunakan pemanis yang sehat seperti stevia sebagai gantinya.

– Jadikan air putih sebagai minuman pertama di pagi hari. Ini minuman paling aman sepanjang hari, bahkan saat perut kosong.

– Hindari minum kopi di malam hari karena dapat mengganggu tidur.

– Selalu makan sesuatu sebelum minum kopi setiap pagi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com