JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Penting! Ini Skema Baru KIP Kuliah 2022. Sudah Tahu Belum?

Ilustrasi / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2022 akan segera dibuka. Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Abdul Kahar mengatakan, sosialisasi mengenai hal itu akan dilakukan
lebih awal pada 2022.

Tujuannya, menurut Abdul Kahar, agar  siswa kelas 12 SMA dan SMK dapat mempersiapkan diri sebelum seleksi masuk perguruan tinggi, baik SNMPTN maupun SBMPTN.

Dijelaskan, KIP Kuliah Merdeka merupakan beasiswa yang menyasar siswa lulusan SMA atau sederajat, yang memiliki prestasi dan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Indonesia, tetapi termasuk dalam golongan tidak mampu.

Sebelumnya, pada 30 Desember 2021 lalu, Abdul Kahar telah menyampaikan melalui kanal youtube Kementerian Pendidikan terkait regulasi yang telah siap sejak tahun 2021.

Baca Juga :  TKJ SMKN 2 Ponorogo Gandeng Universitas Duta Bangsa Surakarta Gelar Uji Kompetensi Keahlian

Ia telah menyatakan pula rencana sosialisasi KIP Kuliah Merdeka yang akan dilaksanakan pada awal tahun 2022.

Pelaksanaan sosialisasi yang lebih awal itu berkaca pada pengalaman tahun sebelumnya. Kahar menuturkan bahwa saat peluncuran KIP Kuliah Merdeka pada 26 Maret tahun lalu, proses SNMPTN sudah telanjur selesai. Bahkan pendaftaran SBMPTN ditutup 1 April 2021 atau hanya seminggu setelah peluncuran KIP Kuliah Merdeka.

Selain melihat dari aspek waktu, Kahar juga akan mengerucutkan sasaran sosialisasi yaitu pada peserta didik yang jadi target KIP Kuliah.

Baca Juga :  TKJ SMKN 2 Ponorogo Gandeng Universitas Duta Bangsa Surakarta Gelar Uji Kompetensi Keahlian

Bila pada tahun-tahun sebelumnya sosialisasi menyasar pada perguruan tinggi maupun lembaga, maka pada 2022, sosialisasi akan dilakukan sampai ke sekolah-sekolah.

Kahar mengutarakan akan melibatkan partisipasi penerima KIP Kuliah tahun 2021 untuk membantu menyosialisasikan perihal program ini.

“Kami akan melibatkan penerima KIP kuliah tahun 2021 untuk back to school, mengajak adik-adiknya untuk jangan berhenti sekolah setelah lulus SMA atau SMK saja, tetapi melanjutkan kuliah dan membuktikannya secara nyata bahwa bisa kuliah karena mendapatkan KIP Kuliah Merdeka,” ujar Kahar seperti dilansir dari tempo.co.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua