JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Tips Menyimpan Pisang Agar Bisa Tahan Lama

pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Pisang merupakan buah yang banyak dan mudah ditemui di Indonesia. Tanaman tropis ini tumbuh subur di Indonesia. Ada berbagai macam jenis pisang, mulai dari ambon, kepok, emas, raja dan lain sebagainya.

Pisang dapat berbuah kapan pun tanpa mengenal musim seperti buah lainnya. Namun, bagaimana cara agar pisang tahan lama dan tetap segar? Berikut ini merupakan cara menjaga kondisi pisang agar tetap segar dan tahan lama agar enak dikonsumsi:

Baca Juga :  Susahnya Orang yang Mengalami Chrometophobia, Ketakutan Terhadap Uang

1. Gantungkan pisang

Pada umumnya, setelah membeli pisang akan diletakkan pada rak-rak buah atau di atas piring. Ternyata hal tersebut kurang tepat menjaga kondisi pisang agar tahan lama. Menggantungkan pisang adalah upaya yang bagus menjaga pisang tidak cepat mengalami kematangan sehingga waktu konsumsinya tidak terburu. Dalam sistem kematangan pisang, ada zat yang disebut etilen. Zat ini akan mengalami perlambatan pengaruhnya saat pisang dalam kondisi tergantung.

Baca Juga :  Susahnya Orang yang Mengalami Chrometophobia, Ketakutan Terhadap Uang

2. Bungkus pangkal batang buah pisang

Di bagian pangkal batang, buah pisang merupakan tempat di mana zat yang bernama etilen berada. Ketika bagian pangkal batang ini tidak ditutupi, maka zat etilen yang menyebar menyebabkan kematangan yang cepat pada pisang. Makanya sering ditemui pisang-pisang yang kecoklatan karena terlalu matang dimulai dengan dekat ujung pangkal pisang.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua