JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

UNS Gelar Pelepasan 1.492 Mahasiswa KKN Tematik

Suasana pelepasan mahasiswa KKN tematuk di auditorium UNS Surakarta / Foto: Amandha Tito Nursaid
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar pelepasan 1.492 mahasiswa KKN Tematik Membangun Desa–MBKM pada Selasa (18/1/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung di auditorium kampus setempat dan dilakukan secara virtual, melalui aplikasi zoom yang diunggah melalui Youtube UNS.

Wakil Rektor  Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Dr Ir Ahmad Yunus, MS dalam laporannya menjelaskan, KKN tematik tersebut melibatkan 150 Dosen  Pembimbing Lapangan (DPL).

Para mahasiswa KKN tersebut berasal dari berbagai fakultas, yakni FKIP, FKOR, FIB, FSRD, FISIP, FH, FEB, FP, FT dan FMIPA.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

“Untuk yang di luar jawa ada 14 orang mahasiswa, Timor Leste enam mahasiswa dan 60 persen berada di Jawa Tengah, yang ditempatkan di 15 kabupaten,” ujarnya.

Sedangkan Rektor UNS, Prof Dr Jamal Wiwoho, SH dalam sambutannya mengatakan, memadukan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dengan kondisi persoalan di lapangan adalah esensi dari program KKN yang harus dilakukan mahasiswa.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

“Dengan sifat idealismenya, mahasiswa  adalah salah satu aset negara yang sangat penting untuk melakukan pergerakan dan arus perubahan yang begitu cepat,” ujarnya.

Peran dan fungsi seorang mahasiswa tidak hanya belajar dan suskses kuliah saja  tetapi juga dengan kekayaan ilmunya, ide, dan keterampilan.

“Artinya, mahasiswa juga harus menjadi sosok yang aktif dan berkontribusi dalam pembangunan nasional,” tuturnya. Amandha Tito Nursahid

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com