JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Agar Manfaatnya Maksimal, Hindari 5 Kesalahan Saat Meracik dan Menyeduh Kopi ini!

Ilustrasi secangkir kopi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kopi banyak dinikmati di pagi hari sebelum memulai aktivitas rutin. Untuk mendapatkan minuman kopi yang sehat dan berkhasiat, kita harus tahu cara meraciknya.

Sebelum meracik kopi, Anda perlu memahami betul bagaimana sebaiknya aturan meminum kopi agar merasakan khasiatnya. Karena jika salah meraciknya, manfaat kopi tidak akan bisa maksimal.

Lalu apa saja kesalahan atau hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat meracik kopi? Berikut urainnya:

1. Menambahkan Gula dan Pemanis Buatan

Dengan menambahkan gula dan pemanis buatan lainnya adalah kesalahan dalam minum kopi. selain menyumbang kalori kosong, gula juga dapat membawa banyak efek negatif pada tubuh. Melansir dari Mayo Clinic, efek tersebut bisa meliputi kerusakan gigi, peningkatan peradangan, dan penambahan berat badan.

Sekalipun pemanis buatan dapat menjadi pilihan yang lebih baik bagi penderita diabetes, namun pemanis buatan juga membawa dampak buruk. Sebut saja seperti perubahan yang tidak diinginkan pada mikrobioma atau bakteri sehat di usus.

2. Minum Kopi Terlalu Malam

Sebagian orang mengonsumsi kopi setelah larut malam, misalnya sedang dikejar deadline pekerjaan. Science Translational Medicine pada 2015 lalu menerbitkan sebuah studi yang mengaitkan konsumsi kafein yang terlambat dengan keterlambatan ritme sirkadian manusia. Hal tersebut dapat berkontribusi pada peningkatan jumlah masalah tidur pada orang dewasa.

3. Biji Kopi Sudah Terlalu Lama Disimpan

Sebagian besar rasa secangkir kopi yang baik berasal dari kesegaran biji kopi. Tanpa biji kopi yang segar, Anda tidak akan mendapatkan rasa terbaik. Namun, ada pula ketentuan usia penyimpanan biji kopi yang ideal. Menyimpan biji kopi di lemari selama berbulan-bulan adalah pilihan yang kurang tepat.

Apabila Anda tidak mengambil langkah-langkah untuk mengawetkan biji kopi yang baru dipanggang, biji kopi tersebut hanya dapat bertahan selama sekitar satu minggu hingga satu bulan saja. Akhirnya, biji kopi tersebut akan kehilangan rasanya. Mengutip dari laman Mashed, hal utama yang harus Anda perhatikan saat menyimpan biji kopi adalah mencegah oksidasi. Simpanlah biji kopi di dalam wadah kedap udara.

4. Menggunakan Air dengan Suhu yang Salah

Dalam hal membuat secangkir kopi yang sempurna, selain harus memikirkan kualitas air yang digunakan, Anda juga perlu memperhatikan suhu air tersebut. Suhu air yang Anda gunakan akan tergantung pada metode apa yang Anda gunakan untuk membuat kopi. Apabila menggunakan pembuat kopi tradisional, Anda harus menambahkan air dingin.

Namun, bila Anda menggunakan mesin French press, Anda harus sedikit lebih berhati-hati. Suhu air yang ideal untuk French press adalah 195 derajat Fahrenheit, yang sebenarnya berada di bawah titik didih. Apabila suhunya lebih panas, Anda bisa menghanguskan kopi.

5. Lupa Membilas Kertas Filter Kopi

Kesalahan terakhir dari menyeduh kopi adalah kelupaan membersihkan kertas filter kopi. Membilas kertas filter adalah satu hal yang penting untuk dipahami. Sebab, ada minyak, debu gilingan kopi yang tidak kasat mata, dan partikel lainnya dapat berdampak serius pada rasa kopi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com