JOGLOSEMARNEWS.COM Inspirasi

Ingin Buat Website Sendiri? Anda Perlu Memperhatikan 5 Hal Ini

Ilustrasi
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Apakah anda tengah ingin membuat sebuah website, baik itu untuk pribadi atau usaha seperti UMKM?

Ada lima hal peniting yang harus Anda perhatikan saat membuat website, seperti yang telah dijelaskan oleh Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan.

“Lima hal itu adalah desain, SEO, aksebilitas, performa dan konten,” kata Indra dalam acara virtual, Rabu (16/2/2022).

Lima hal tersebut menjadi standar yang digunakan Exabytes dalam menggelar ajang Website Award di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Exabytes merupakan perusahaan penyedia web hosting yang telah beroperasi selama lebih dari dua puluh tahun dengan fokus kawasan Asia Tenggara.

Melihat kondisi Indonesia berkembang pesat dalam hal transformasi digital, Indra membagikan kelima hal yang perlu diperhatikan untuk para pembuat website sehingga website tersebut dapat bersaing di tengah kehadiran ribuan situs web di Tanah Air.

  1. Desain

Indra menjelaskan tampilan desain yang baik dapat membuat pengguna website nantinya bisa menghabiskan waktu yang cukup lama saat berselancar.

Kendati demikian, ia menyarankan untuk pelaku UMKM terkait pembuatan desain sebaiknya memilih website dengan desain sederhana, Desain sederhana selain memiliki harga yang lebih terjangkau dalam pembuatannya, juga lebih mudah dimengerti oleh pengguna website.

  1. SEO (Search Engine Optimization)

Dengan SEO yang baik, sebuah website akan mudah ditemukan oleh para target pasar yang diinginkan oleh sang pembuat situs website. Jika tidak memaksimalkan SEO, sebuah website tidak akan berkembang dengan pesat dan berpotensi tidak akan dilirik oleh target pasar.

  1. Konten

Konten dalam sebuah situs website berkaitan dengan SEO. Biasanya kata kunci tepat dengan konten yang menarik akan bisa menjadi daya tarik tambahan bagi para target pasar sehingga akhirnya situs website anda bisa dikenal dengan lebih mudah.

  1. Aksesibilitas

Indra menyebutkan aksesibilitas sangatlah penting untuk memastikan situs website anda dipahami para pengguna di ruang digital dengan beragam jenis latar pendidikan.  Tampilan akses yang mudah dipahami tentu akan meningkatkan jumlah kunjungan ke website yang anda kembangkan.

  1. Performa

Indra menjelakan sebuah situs website dengan performa yang baik akan menjadi kunci dasar dari empat hal di atas. Jika performa website khususnya dari seluruh fitur yang disediakan berfungsi, maka tentu keempat hal di atas akan berjalan dengan baik pula.

Bagaimana… Apakah Anda sudah siap membuat website anda sendiri? Amandha Tito Nursahid

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com