JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Pola Minum yang Dapat Anda Lakukan untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ilustrasi minum / tempo.co
   

JOGLOSEMARNEWS.COM – Ginjal merupakn organ yang sangat penting yang berfungsi untuk menyaring darah dari limbah dan membuangnya melalui urine.

Jika ada masalah pada ginjal, bukan tidak mungkin seseorang akan mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius.

Ada banyak cara sederhana untuk menjaga fungsi ginjal, salah satunya menjaga pola minum. Untuk memastikan Anda minum cukup air dan menjaga ginjal tetap sehat, terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan.

Berikut adalah 4 tips pola minum yang sehat yang dikutip dari Tempo.co:

 

  1. 8 gelas sehari bukan aturan baku

Kita seringkali dianjurkan untuk meminum setidaknya 8 gelas air putih per hari. Akan tetapi, anjuran tersebut hanyalah rekomendasi umum berdasarkan fakta bahwa tubuh kita terus-menerus kehilangan air, serta fakta bahwa kita membutuhkan asupan air yang cukup untuk bertahan hidup.

Baca Juga :  Perlancar BAB dengan 5 Minuman Ini

Setiap orang berbeda memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, tergantung pada perbedaan usia, iklim, intensitas olahraga, serta kondisi kehamilan, menyusui, dan penyakit.

Institute of Medicine memperkirakan bahwa laki-laki membutuhkan sekitar 13 cangkir atau 3 liter cairan setiap hari, sementara wanita membutuhkan sekitar 9 cangkir atau 2,2 liter cairan setiap hari.

 

  1. Jangan minum air terlalu banyak

Atlet ketahanan seperti pelari maraton kerap meminum air dalam jumlah besar. Akan tetapi, meminum terlalu banyak air sebetulnya juga tidak baik bagi tubuh.

Atlet yang minum terus menerus dapat kehilangan kadar natrium dalam darah dan memicu kondisi berbahaya yang disebut hiponatremia.

 

  1. Warna urine dapat mengungkapkan banyak hal

Ketika mendapati urine berwarna kuning gelap, sebaiknya perbanyak asupan cairan. Warna urine tersebut merupakan pertanda bahwa tubuh megalami dehidrasi.

Baca Juga :  Meminimalisir Dampak Risiko Sakit Kritis, Saatnya Miliki Asuransi Ini

Sebaliknya, jika terdapat cairan yang cukup dalam tubuh, maka urin akan berwarna kuning muda atau tidak berwarna.

 

  1. Waspada terhadap obat-obatan tertentu dan prosedur medis

Meminum obat-obatan atau menjalani prosedur medis yang menggunakan zat kontras dapat memberikan dampak yang signifikan pada ginjal. Oleh karena itu, baca label obat dan ajukan pertanyaan sebelum menjalani prosedur medis yang melibatkan zat tersebut. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan penyedia layanan kesehatan, terutama saat sedang dalam pembatasan cairan.

Itulah keempat tips pola minum sehat untuk jaga ginjal tetap bugar. Selain menjalankan tips-tips tersebut, jangan lupa untuk menerapkan kebiasaan hidup yang baik. Amandha Tito Nursahid

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com