JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mesin ADM Bakal Ditempatkan di Dekat Pos Satpol Rumah Dinas Bupati Wonogiri, ini Alasannya

Ilustrasi e KTP. Dok
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri atau mesin ADM bakal ditempatkan di dekat pos Satpol PP Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Mesin ADM dipastikan siap beroperasi untuk melayani administrasi kependudukan warga

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Kepala Disdukcapil Wonogiri Sungkono mengatakan ADM yang merupakan pemberian dari pusat sudah tiba di Wonogiri sekitar sebulan belakangan. Alat itu juga telah disiapkan oleh petugas Disdukcapil Wonogiri.

Sungkono menuturkan, berdasarkan koordinasi yang sudah dilakukan, rencananya mesin ADM bakal ditempatkan di dekat pos Satpol PP Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Lokasi itu juga telah disurvei.

“Nanti kita akan laporan ke Pak Bupati dan Pak Sekda kalau ADM sudah siap. Tinggal dipasang saja,” kata dia, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga :  Melepaskan Kekhilafan Memurnikan Hati dan Memperkuat Silaturahmi

Sungkono menambahkan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan, luas area itu mencukupi untuk digunakan sebagai titik pasang ADM.

Jika ADM bakal ditempatkan di titik itu, maka nantinya akan disiapkan ruangan menyerupai ruang untuk Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Tinggal membangun ruang kaca dilengkapi dengan jaringan listrik, AC, dan juga lampu.

“Setelah saya laporan ke Pak Sekda, itu nanti bakal dikoordinasikan dengan Satpol PP dan juga bagian umum,” kata Sungkono.

Alasan titik itu dipilih, adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, dari segi keamanan, alat itu bakal dijaga karena dekat dengan pos Satpol PP.

“Harga ADM cukup mahal, kalau pengadaan sendiri sekitar Rp 200 juta. Nanti akan kita koordinasikan lagi, alternatif pemasangannya di titik itu saat ini. Kalau ada alternatif lain nantinya ya monggo, tapi yang harus diperhatikan kemudahan akses masyarakat dan juga keamanannya,” terang dia.

Baca Juga :  Serikat Pekerja Bangunan dan PU Wonogiri Dukung Irjen Ahmad Luthfi Maju Jadi Cagub Jateng

Berbagai dokumen kependudukan juga bisa dicetak warga secara mandiri dengan ADM. Mulai dari KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA) dan dokumen kependudukan lainnya.

“Kemarin ADM juga sudah diuji coba. Alatnya berfungsi dengan baik,” pungkas dia.

Sebelumnya, Wonogiri pernah dijanjikan untuk mendapatkan ADM dari pusat itu disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh saat berkunjung ke Kota Gaplek Wonogiri Mei 2021 lalu.

ADM diberikan sebagai hadiah setelah Disdukcapil Wonogiri menjalankan program inovasi Telunjuk Sakti yang memudahkan pelayanan untuk masyarakat hingga ke pedesaan dan diharapkan bisa direplikasi di kabupaten/kota lainnya. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com