JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Bayam, Apakah Termasuk Makanan Tinggi Zat Besi?

Ilustrasi, petani Sayur Foto/Wardoyo
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Bayam dikenal sebagai “makanan super” berkat film kartun Popeye. Salah satunya karena kandungan zat besinya yang tinggi. Tetapi apakan benar di dalam bayam terdapat kandungan zat besi yang tinggi?

Dilansir dari laman Nutritics, untuk mengklaim sebuah makanan mengandung sumber zat besi, setiap 100 gram makanan itu harus mengandung setidaknya 15 persen dari asupan harian zat besi yang direkomendasikan, yaitu 14 milligram. Makanan yang digolongkan sebagai zat besi “tinggi” harusnya memiliki kandungan zat besi dua kali lipat jumlah ini atau sekitar 28 milligram.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Bila dibandingkan dengan sayuran berdaun hijau lainnya, seperti kangkung, kandungan zat besi bayam memang lebih tinggi. Dalam 100 gram bayam, terkandung 2,1 hingga 2,7 milligram zat besi. Sedangkan pada 100 gram kangkung terkandung 1,7 milligram zat besi.

Meski lebih tinggi daripada kangkung, namun jumlah itu masih jauh untuk menyatakan bayam sebagai makanan “tinggi zat besi”. Jadi, lebih tepat jika bayam disebut sumber zat besi, bukan makanan dengan zat besi tinggi.

Dilansir dari Medical News Today, konsumsi zat besi penting untuk kesehatan tubuh. Seseorang yang kekurangan zat besi bisa menyebabkannya mengalami kekurangan zat besi. Seiring perkembangannya, itu bisa mengembangkan anemia defisiensi besi, bahkan dapat mengancam jiwa.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Orang yang kekurangan zat besi biasanya memiliki masa rawat inap yang lebih lama, hasil yang lebih buruk saat sakit, risiko masalah kesehatan jantung yang lebih tinggi, dan risiko kematian yang lebih tinggi secara keseluruhan. Untuk mencegahnya, konsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam, buncis, telur, daging merah, dan sebagainya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com