JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Cara Mengetahui Koperasi Bodong, Wonogiri Gelar Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM

Wingko babat waluh, salah satu produk UMKM Wonogiri.JSNews/Aris Arianto
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ini salah satu cara mengetahui koperasi bodong dan resmi.

Langkah tersebut adalah dengan melakukan pendataan lengkap koperasi dan UMKM, sebagaimana digelar Pemkab Wonogiri melalui Dinas KUKM dan Perindag Wonogiri.

Pemkab Wonogiri juga melaksanakan pendataan lengkap koperasi dan UMKM secara menyeluruh yang ada di kabupaten terluas kedua di Jateng setelah Cilacap tersebut.

Sebelum dimulai pendataan lengkap koperasi dan UMKM digelar sosialisasi di Ruang Plinteng Semar Setda Wonogiri, Kamis (7/4/2022),ย dibuka Wabup Wonogiri Setyo Sukarno.

Kepala Dinas KUKM dan Perindag Wonogiri Wahyu Widayati menjelaskan, ada sekitarย  57.000 koperasi dan UMKM di Wonogiri yang akan menjadi sasaran pendataan lengkap.

Baca Juga :  Cara Membedakan Jalan Nasional Provinsi dan Kabupaten, Cukup Lihat Warnanya Saja

“Kegiatan yang dimulai April ini hingga 31 Agustus mendatang akan melibatkan sekitar 114 orang enumerator (petugas),” kata Wahyu.

Menurut dia, pendataan lengkap pelaku UMKM dan koperasi ini serentak seluruh Indonesia sebagai agenda dari kementerian.

Di wilayah Jateng sendiri, tutur dia, total angka sasaran pendataan lengkap koperasi dan UMKM sebanyak 2.273.000 unit UMKM dengan enumerator 4.156 personil.

Wabup Wonogiri Setyo Sukarno memastikan, pendataanย  lengkap pelaku UMKM dan koperasi ini dalam rangka menghitung data tunggal.

Baca Juga :  Kesehatan Jiwa hingga Gigi 359 Polisi Wonogiri Diperiksa, Terungkap Sudah Alasannya

Sehingga, kata dia, ke depan jika ada program-program maupun kucuran anggaran dari pemerintah di atas baik pemprov maupun pusat Pemkab Wonogiri tinggal menyodorkan.

“UMKM dan koperasi seperti apa yang masuk kriteria sudah ada ketentuan serta acuannnya yang disosialisasikan hari ini,” jelas Wabup.

Ditambahkan karena di daerahnya ada sekitar 6.851 Koperasi RT sendiri makaย  yang diprioritaskan masuk PL adalah koperasi RT yang sudah berbadan hukum dan punya NPWP. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com