JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Contoh Ucapan Sungkem Simpel Bahasa Jawa Halus dan Terjemahannya

Ilustrasi Idul Fitri. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Lebaran tinggal menghitung hari, momen tahunan ini identik dengan saling bermaaf-maafan antara anggota keluarga, saudara, maupun teman.

Salah satu cara meminta maaf kepada orang tua atau yang dihormati adalah dengan sungkem. Lantas apa kalimat yang diucapkan saat sungkem kepada orang tua?

Berikut JOGLOSEMARNEWS.COM berikan beberapa contoh ucapan sungkem kepada orang tua yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Kawula ngaturaken sugeng riyadi, nyuwun agunging pangapunten sedoyo kalepatan kula dhumateng bapak/ibu/eyang/, mugi bapak/ibu/eyang kerso maringi kulo pangapunten sedoyo dosa kula menika.

(Saya menghaturkan selamat hari raya, mohon maaf yang sebesar-besarnya atas semua kesalahan saya terhadap bapak/ibu, semoga bapak/ibu bersedia memaafkan semua dosa saya).

2. Kawula ngaturaken sembah pangabekti dhumateng bapak/ibu, saking sadeleme manah, kawulo ngaturaken agengin pangapunten atas kalepatan lan tindak tanduk ingkang katingal menapa mboten katingal. Mugi bapak/ibu kerson maringi pangapunten dumateng sedaya dosa kawula.

Baca Juga :  Motor Digasak Mobil di Jalan Yogya-Wates, Kulonprogo, 2 Orang Terpental ke Aspal

(Saya sampaikan rasa hormat kepada Bapak/Ibu, dari lubuk hati yang terdalam, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya atas semua kesalahan tindakan saya yang terlihat maupun tidak terlihat. Semoga bapak/ibu bersedia memaafkan semua dosa saya).

3. Bapak/Ibu, sowan kulo mriki, ingkang sepindah silaturahmi, sak lajengipun ngaturaken sugeng riyadi. Saking sadeleme manah, kawulo nyuwun pangapunten sedaya kalepatan lan tindak tanduk ingkang kulo sengaja lan mboten kulo sengaja.

(Bapak/ibu, kedatangan saya ke sini, yang pertama silaturahmi, selanjutnya saya menghaturkan selemat hari raya. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya memohon maaf atas segala salah dan tingkah laku saya, baik yang disengaja dan tidak disengaja.

4. Kepareng matur dumateng Bapak/Ibu, kula ngaturaken sugeng riyadi, sedoyo kalepatan nyuwun pangapuro lan kula nyuwun donga pangestunipun saking Bapak/Ibu.

Baca Juga :  Motor Digasak Mobil di Jalan Yogya-Wates, Kulonprogo, 2 Orang Terpental ke Aspal

(Izinkan saya berbicara kepada bapak/ibu, saya menyampaikan selamat hari raya, saya meminta maaf atas semua kesalahan, dan memohon doa restu dari bapak/ibu).

5. Bapak/Ibu/Eyang, ingkang sepindah kula ngaturaken sugeng riyadi. Sak lajengipun, kula nyuwun pangapunten dumateng sedaya kalepatan ingkang kula sengaja lan ingkang mboten kulo sengaja.

(Bapak/Ibu/Nenek/Kakek, pertama, saya ucapkan selamat hari raya. Selanjutnya, saya meminta maaf atas semua kesalahan yang saya sengaja dan tidak disengaja).

6. Ibu/Bapak ingkang kula kurmati, sowan kulo, ingkah sepindah ngaturaken sugeng riyadi, kaping kalihipun nyuwun pangapunten dumateng sedaya kalepatan lan dosa kulo.

(Ibu/Bapak yang saya hormati, pertama saya mengucapkan selamat hari raya, yang kedua mohon maaf atas segala dosa dan kesalahan yang saya lakukan). Wans/*

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com