JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Dibantu Sriyanto Saputro, Produk Madu Klanceng Taman Asri Sragen Banjir Pesanan Sampai Kewalahan. Harga Tembus Rp 400.000 Per Botol

Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani saat berbincang perihal produksi Madu Klanceng kepada salah satu warga di Kampung Taman Asri Sragen, Rabu (6/4/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Produk Madu Klanceng yang dihasilkan kelompok UMKM Taman Asri Mandiri di Kampung Taman Asri, Kroyo, Karangmalang, Sragen kini kebanjiran pesanan.

Khasiat ampuhnya yang diyakini bikin kekuatan pria jadi lebih greng berlipat-lipat membuat produk madu dari tawon klanceng itu mulai banyak diburu.

“Terimakasih atas bantuan Pak Sriyanto Saputro yang kemarin membantu modal bagi UMKM Kampung Klanceng ini. Kemarin Pak Sri bantu modal Rp 40 juta. Sehingga bisa berkembang dan sekarang sudah banyak pesanan. Tanpa Pak Sriyanto mungkin kami enggak bisa jalan,” ujar perintis UMKM Taman Asri Mandiri sekaligus tokoh di Taman Asri, Eko Wijiyono dalam sambutannya di hadapan Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani didampingi Sriyanto Saputro, Rabu (6/4/2022).

Ahmad Muzani berkunjung secara khusus dan didaulat meresmikan program baru di Kampung Taman Asri yakni UMKM Taman Asri Mandiri yang memasarkan produk olahan berbahan ayam.

Eko menyampaikan berkat bantuan modal dari Sriyanto, UMKM budidaya tawon klanceng sebagai penghasil madu, akhirnya bisa berkembang.

Saat ini sudah ada sekitar 25 KK di Kampung Taman Asri yang membudidayakan di rumah masing-masing.

Hasilnya kemudian diakumulasikan untuk diproduksi bersama melalui kelompok UMKM yang sudah dirintis.

Baca Juga :  Geger di Jembatan Gunung Kemukus Sragen, Warga Menemukan Pria Tanpa Identitas Dalam Kondisi Sakit, Polisi Dibantu Warga Lakukan Evakuasi

Eko menyampaikan produksi madu klanceng itu merupakan anak program dari Kampung Sedekah yang menjadi awal rintisan usaha bersama para warga.

Sejak dilaunching 17 Desember 2021, Kampung Sedekah Taman Asri sudah mampu merintis warung berkah dengan konsep makan sepuasnya bayar seikhlasnya.

Konsep sedekah itu rupanya membawa berkah dengan terus berkembang hingga kemudian merintis budidaya madu klanceng melalui program kampung klanceng.

“Hari ini kami meresmikan UMKM Taman Asri Mandiri. Yang nanti memajang produk makanan berbahan ayam berbagai jenis. Kita juga sedang berproses untuk produksi bawang lanang. Alhamdulillah dengan sedekah, Allah memudahkan semua,” tandasnya.

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani didampingi Sekretaris DPD Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro (kiri) saat meresmikan UMKM Taman Asri Mandiri di Kampung Taman Asri Sragen, Rabu (6/4/2022). Foto/Wardoyo

Salah satu anggota kelompok UMKM Taman Asri Mandiri, Ny Mugiyono menuturkan dirinya membudidayakan tawon klanceng sejak dilaunching 17 Desember 2021.

Usaha itu dirintis dengan satu glodog (rumah tawon) dan memanfaatkan pekarangan 600 M2 miliknya untuk ditanami bunga-bunga penyuplai tawon.

Berkat bantuan salah satunya permodalan dari Sriyanto Saputro, kini omzet madu klanceng produksi UMKM Taman Asri sudah meningkat.

“Sekarang permintaan madu klanceng sudah banyak. Ada 50 botol dalam sebulan, kami belum bisa memenuhi karena kemampuan produksi satu kelompok masih sangat terbatas,” ujarnya.

Ia menuturkan untuk satu botol besar Madu Klanceng dibanderol Rp 350.000 sampai Rp 400.000. Pemasaran relatif tidak sulit karena penjualan bisa secara online maupun langsung.

Baca Juga :  Hujan Deras 4 Jam Sore Tadi, Rumah Warga Desa Jati, Sumberlawang dan Tanon Sragen Terendam Banjir

Rata-rata permintaan datang dari lokal Sragen maupun wilayah sekitarnya.

“Untuk satu glodog (rumah tawon), itu bisa menghasilkan satu botol madu tapi dalam waktu 2 bulan budidaya. Kalau tidak musim hujan satu bulan bisa satu botol,” timpal Eko.

Jadi Percontohan

Wakil Ketua MPR RI sekaligus Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani mengaku bangga dan mengapresiasi semangat besar para warga dan UMKM di Taman Asri.

Menurutnya kelompok usaha di kampung itu bisa menjadi percontohan bagi warga lain maupun bagi anggota DPR lainnya untuk diterapkan di wilayah binaannya.

Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani (tengah) didampingi Sekretaris DPD Gerindra Jateng sekaligus anggota DPRD Provinsi Jateng, Sriyanto Saputro (kiri) saat berkunjung memberi motivasi dan dukungan ke UMKM Taman Asri Mandiri di Kampung Taman Asri Sragen, Rabu (6/4/2022). Foto/Wardoyo

Secara khusus, Muzani memuji kiprah Sriyanto Saputro yang sudah menunjukkan kepeduliannya menantu permodalan hingga membuat UMKM Taman Asri Mandiri bisa berkembang pesat.

“Apa yang dilakukan Sriyanto Saputro ini barangkali bisa dilakukan anggota DPR lainnya. Di beda provinsi, bentuk pendampingannya bisa beda juga. Yang penting segala macam inovasi harus didorong untuk memajukan masyarakat. Karena anggota DPR dipilih untuk memperjuangkan aspirasi rakyat. Seperti Pak Sriyanto ini tidak dipanggil tapi dia datang sendiri,” tandanya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com