JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Segini Jumlah Jemaah Haji Wonogiri yang Memenuhi Syarat Berangkat ke Tanah Suci Tahun 2022

Asrama Haji Donohudan yang tetap disiagakan untuk isolsai mandiri / Foto: Waskita
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Jumlah jemaah haji Wonogiri yang memenuhi syarat berangkat ke Tanah Suci mencapai angka ratusan orang.

Hanya saja jumlah jemaah haji Wonogiri yang memenuhi syarat berangkat ke Tanah Suci bisa saja bertambah atau justru berkurang lantaran berbagai faktor.

Kepala Kemenag Wonogiri Anif Solikhin, menuturkan bahwa Keputusan Menteri Agama alias KMA Nomor 405 tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia tahun 1443 H/2022 M telah terbit.

Anif menjelaskan, dalam KMA itu diatur jumlah kuota haji Indonesia tahun ini sebanyak 100.051 orang. Dimana jumlah tersebut terdiri dari 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus.

Kuota haji reguler masih terbagi menjadi tiga yakni kuota jamaah biasa, kuota pembimbing dari KBIU dan untuk petugas daerah.

Menurut Kepala Kemenag Wonogiri Anif Solikhin, kuota khusus untuk jamaah sebanyak 92.246 orang. Dimana, jumlah tersebut masih akan dibagi untuk 34 provinsi yang ada di Indonesia, untuk Jawa Tengah sendiri mendapatkan jatah kuota sebanyak 13.776 jamaah.

Baca Juga :  Jumlah Kasus Kejahatan Selama Maret 2024, Perzinahan Mendominasi

“Kebijakan daerah, Jawa Tengah tidak membagi kuota per Kabupaten, yang dipakai kuota Provinsi. Nanti diambil dari calon jamaah yang sudah memenuhi syarat,” jelas dia, Rabu (27/4/2022).

Syarat itu di antaranya kuota diperuntukkan calon jamaah tunda tahun 2020 lalu atau saat awal pandemi Covid-19 melanda dunia.

Itupun calon jamaah haji harus berusia maksimal 65 tahun per tanggal 8 Juli 2022 nanti. Apabila usianya melebihi batas itu, kata dia, akan kembali ditunda keberangkatannya.

“Tertunda lagi, karena belum memenuhi syarat untuk berangkat di tahun ini. Selain itu, syarat lain yakni harus sudah melunasi biaya haji,” terang Anif.

Baca Juga :  Siap Digembleng 6 Bulan, Ratusan Guru Wonogiri Ikuti Progam Guru Penggerak Angkatan 10

Untuk sementara waktu, calon jamaah haji asal Wonogiri yang memenuhi sejumlah syarat tersebut ada sebanyak 158 orang.

Menurutnya, jumlah tersebut masih bisa bertambah maupun berkurang. Sebab, dari 158 orang yang sudah memenuhi persyaratan itu ada juga yang memutuskan untuk menunda keberangkatannya.

“Alasannya macam-macam, ada yang pendampingnya belum berangkat tahun ini. Ada juga yang suami atau istrinya belum memenuhi syarat untuk berangkat di tahun ini,” beber Kepala Kemenag Wonogiri Anif Solikhin.

Kondisi tersebut bisa membuat antrean kursi yang berada di bawah naik untuk menggantikan posisi yang kosong. Namun, calon jamaah yang bakal menggantikan juga harus memenuhi persyaratan.

Lebih jauh Anif berharap, bagi calon jamaah yang sudah masuk kriteria untuk mempersiapkan diri dengan baik dan terus berkoordinasi dengan Kemenag. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com