JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Semarak Hari Kartini di KB-TK Marsudirini Surakarta

Kepala KB-TK Marsudirini Surakara, Sr Claudia OSF tengah memberikan pesan si hari Kartini kepada anak-anak / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Kamis (21/4/2022)  kemarin,  halaman KB-TK Marsudirini Surakarta dipenuhi ratusan bocah dan sejumlah guru dengan aneka pakaian adat  khas Nusantara.

Ya, seperti itulah ketika sekolah tersebut memperingati Hari Kartini. Sekolah mengajak pendidik, karyawan dan anak-anak mengenakan busana adat tradisional.

Sejumlah 280 anak datang ke sekolah dengan mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Nusantara. Berbagai ekspresi ditunjukkan oleh anak-anak.

Demikian puka, orangtua murid juga tampak antusias dalam menyambut kegiatan tersebut. Banyak di antara orangtua menanti-nantikan kesempatan memperingati hari istimewa tersebut,  seperti yang dulu mereka alami saat duduk di bangku sekolah.

Peringatan hari Kartini diawali dengan upacara bendera dengan Suster Maria Claudia OSF sebagai pembina upacara.

“Ibu Kartini adalah sosok wanita hebat, seorang  pejuang kemerdekaan bagi kaum wanita yang ada di Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa anak-anak dapat melanjutkan dan mewujudkan cita-cita ibu Kartini,” pesan Suster Claudia membuka amanatnya.

Melalui amanatnya itu, Suster Claudia meminta anak-anak bersikap mandiri, rajin ke sekolah, tidak rewel, tidak menangis, tetap bersukacita, happy, selalu tersenyum meskipun memakai masker karena murah senyum membuat badan kita tetep segar.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

“Biasakan bersikap ramah jika bertemu dengan siapa saja, memberi salam hormat, saling menyayangi, dan mau bekerjasama dengan orang lain,” pesan Suster Claudia.

Suster Claudia juga berpesan agar anak-anak mau  memaafkan teman yang bersalah dan berani minta maaf jika melakukan kesalahan.

“Tidak mudah marah baik dengan orang tua maupun  dengan teman-teman kita, selalu tekun dan bersikap sopan saat berdoa.” lanjut Suster Kepala Sekolah ini.

Selesai upacara bendera anak-anak bergiliran berfoto dengan photobooth “Mengeti Dinten Kartini.”

Ekspresi anak-anak sangat lucu dan menggemaskan, ada yang girang sekali dengan bajunya karena dilengkapi dengan asesoris yang kelap-kelip, mengenakan hiasan kepala/topi, blangkon, gelang kaki dan gelang tangan yang bergemerincing, memakai selop, dan sebagainya.

Orang tuapun menyambut baik kegiatan tersebut sudah sejak seminggu sebelumnya mereka sudah mempersiapkan baju yang akan dikenakan putra-putrinya.

Mereka bersemangat sekali karena kegiatan itu menjadi obat kangen bagi mereka yang mengikuti peringatan  hari Kartini dengan mengenakan busana adat di sekolah.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

“Semua merespon kegiatan ini dengan baik, karena selama pandemi ini kita tidak pernah mengadakan event yang menyenangkan seperti ini,” ungkap Bunda Vivin yang menjadi penanggung jawab kegiatan.

Selain itu, jelas Vivin,  kegiatan perayaan hari Kartini ini adalah awal dari agenda-agenda menarik lainnya di KB-TK Marsudirini Surakarta.r

“Kegiatan Kartini di sekolah kemarin simple tapi berkesan untuk Nayaka dan saya, orang tuanya. Anak-anak dapat melihat banyaknya baju adat khas dari daerah lain. Dan untuk Nayaka sendiri bisa bangga dengan mengenakan baju adat Batak, daerah asal Nayaka. Kerinduan kami akan kampung halaman terjembatani melalui event ini. Euforia kebhinekaan nya terasa sekali,” kata Mama Nayaka, salah seorang siswa TK B4.

“Jadi melalui perayaan hari Kartini yang lalu saya bisa menjelaskan ke Nayaka. Semua anak laki laki atau perempuan dan dari daerah manapun bisa menikmati pendidikan yang sama. “ imbuh Mama Nayaka sembari tersenyum bahagia.  Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com