JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Arus Balik VS Wisatawan Tumplek Blek, Jalur Tawangmangu Karanganyar Macet Parah. Syukur Sampai Mau Nginap di Hotel

Kamacetan panjang terjadi di jalur wisata menuju Tawangmangu, Karanganyar, Rabu (4/5/2022) petang. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Arus lalu lintas di kawasan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar mengalami kemacetan parah pada H+1 Lebaran, Rabu (4/5/2022) siang.

Lonjakan arus kendaraan dari wisatawan yang ingin berlibur dan kendaraan arus balik, membuat antrian panjang kendaraan dan penumpukan terjadi di sejumlah ruas jalan di Tawangmangu.

Pantauan di lapangan, kemacetan terjadi di beberapa titik menuju arah Tawangmangu. Antrian kendaraan roda empat dan roda dua menghiasi simpang tiga Hotel BIP hingga pintu masuk utama Grojogan Sewu.

Antrian panjang itu membuat kendaraan nyaris tak bergerak. Arus hanya berjalan merayap sesekali. Antrian itu terpantau terjadi sejak siang hingga petang.

Personel kepolisian serta relawan terpaksa harus berjibaku mengatur arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Baca Juga :  Puncak Panen Durian Desa Gempolan, Kerjo, Karanganyar Jatuh Bulan Februari, Bisa Pilih Dan Makan Sepuasnya

Antrian panjang juga terlihat di simpang tiga Cicoa yang merupakan jalur penghubung antara jalur lama Blumbang-Gondosuli dan Jalan Tawangmangu-Magetan.

Pemandangan yang sama juga terlihat saat arus balik kendaraan dari kawasan wisata. Baik itu melalui jalur lama Blumbang-Gondosuli maupun dari Jalan Tawangmangu-Magetan.

Kamacetan panjang terjadi di jalur wisata menuju Tawangmangu, Karanganyar, Rabu (4/5/2022) petang. Foto/Wardoyo

Kendaraan dari kedua jalur itu tumplek blek bertemu di Bundaran Cicoa hingga mengakibatkan arus lalu lintas padat merayap pada Rabu sore.

Salah satu pengendara asal Cepu Kabupaten Blora, Syukur mengatakan mobilnya terjebak kemacetan di jalur lama Blumbang-Gondosuli selama satu jam lamanya.

Ia mengaku selama hampir satu jam, antrian kendaraan tak bisa bergerak saking padatnya kendaraan.

“Ini rencana mau liburan ke Tawangmangu. Nanti menginap di hotel. Malah kejebak macet,” ujarnya kepada wartawan.

Baca Juga :  Tak Terdeteksi dari Basecamp Mana Naiknya, Seorang Pendaki Wanita Ditemukan Tewas di Gunung Lawu

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Yulianto menyampaikan, arus lalu lintas di wilayah Tawangmangu memang mengalami kenaikan signifikan dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Pihaknya sudah menyiapkan sejumlah rekayasa pengalihan arus untuk mengantisipasi dan mengurai kemacetan di jalur menuju Tawangmangu.

“Rekayasa lalu lintas telah disiapkan,” ujarnya.

Sementara, Kasi Humas Polres Karanganyar, AKP Agung Purwoko tak menampik adanya peningkatan volume kendaraan dari jalur Karanganyar Kota menuju Karangpandan, Matesih hingga Tawangmangu.

Namun ia mengklaim kemacetan sudah bisa dikendalikan oleh para petugas Polres Karanganyar bersama unsur terkait di lapangan.

“Iya kami sampaikan, kondisi jalur wisata mulai dari Kota Karanganyar. Kemudian Karangpandan, Matesih hingga ke Tawangmangu maupun arus baliknya pada hari ini cukup ramai. Namun dapat dikendalikan,” ujarnya. Wardoyo

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com